Brimob Polda Maluku Utara Gelar Apel Penutupan Kemampuan Bintara dan Gelar Pasukan

TERNATE, MALUTTODAY.com – Satuan Brimob Polda Maluku Utara menggelar upacara penutupan latihan kemampuan Brimob bagi personel Bintara dan apel gelar pasukan, Amatsus dan Alpalkam, yang dipusatkan di Mako Brimob, Kelurahan Tafure, Kota Ternate, Senin (06/11).

Dalam apel tersebut dipimpin langsung Inspektur upacara Brigjen Pol Drs. Eko Parasetyo, selaku perwira upacara AKP Jefri Nusalauw, Komandan Upacara Iptu Rusli Hanafi, dalam rangka kesiapan pengamanan (PAM) natal dan tahun baru 2022.

Eko dalam sambutannya mengatakan tantangan tugas polri ke depan akan semakin berat karena dihadapkan pada berbagai gangguan kamtibmas yang terjadi sebagai dampak dari perkembangan kehidupan masyarakat, bangsa dan negara, konflik horisontal dalam masyarakat maupun konflik vertikal yang mengarah kepada gerakan separatisme.

“Kejahatan terorisme serta berbagai bentuk kejahatan yang mengancam keselamatan masyarakat dan merugikan kekayaan negara harus dapat ditangani secara komprehensif dan profesional. Oleh karena itu, Brimob Polri sebagai bagian penting dari Kepolisian Republik Indonesia harus dipersiapkan kekuatan dan kemampuannya dalam penanganan berbagai bentuk kejahatan yang berintensitas tinggi secara efektif dan efisien,” katanya.

Eko menambahkan, saat ini Brimob Polri telah dikembangkan baik dari aspek kekuatan personel maupun kemampuan yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung yang memadai, dengan kekuatan dan kemampuan yang dimiliki tersebut diharapkan Brimob harus lebih mampu menjalankan tugasnya dengan baik dalam memberikan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat serta menjaga keutuhan negara kesatuan republik Indonesia.

“Banyak prestasi yang telah diukir Brimob dalam pelaksanaan tugas operasi baik dalam operasi penegakan hukum, bantuan kemanusiaan maupun bentuk operasi lainnya dan cukup banyak resiko dan pengorbanan yang dialami oleh anggota Brimob dalam pelaksanaan tugas tersebut. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya menyampaikan penghargaan dan simpati kepada seluruh anggota Brimob yang telah melaksanakan tugas dengan baik serta ucapan terima kasih kepada para koordinator latihan para pelatih dan selamat bergabung di satuan Brimob Polda Maluku Utara bagi personel yang baru selesai mengikuti pembinaan,” katanya.

Eko bilang, dirinya selalu meningkatkan profesionalitas dan disiplin pribadi dalam setiap pelaksanaan tugas, dengan mengedepankan sikap etis dan humanis namun tegas.

“Hindari tindakan kekerasan dalam setiap pelaksanaan tugas serta senantiasa menjujung tinggi hak asasi manusia. Jalin kerja sama dan hubungan yang harmonis dengan TNI dan segenap komponen masyarakat lainnya baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Jenderal bintang dua ini bilang berikan pelayanan yang terbaik kepada
seluruh warga masyarakat, dan pegang teguh komitmen terhadap organisasi, untuk membuktikan bahwa Polri mampu menjalankan peranannya sebagai bhayangkara sejati.

“Saya berharap dengan semangat pengabdian yang tinggi dan dilandasi motto “Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan” korps Brimob Polri bisa menjadi contoh dalam mewujudkan cita-cita tersebut,” pungkasnya.

Sekedar diketahui dalam apel dihadiri Dansat Beimob Polda Maluku Utara, Kombes Pol Muhamad Erwin, Irwasda Polda Maluku Utara, Kombes Pol Drs. Dicky Kusumawhardana, Kabid Propam Polda Maluku Utara Kombes Pol Wahyu Agung Jatmiko, Kabid Humas Polda Maluku Utara, Kombes Pol Adip Rojikan, dan Danyon B Pelopor, AKBP Moh Zulfikar Iskandar. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *