Sempat Alami Kebocoran, Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi KM Morero

HALUT, MALUTTODAY.com – Tim SAR gabungan berhasil menemukan kapal motor (KM) Morero, yang mengalami kebocoran di perairan antara pulau Jara-jara dan pulau Morotai. KM Morero ditemukan pada pukul 21.06 Wit, di koordinat -+ 15 NM arah barat laut, dari titik diduga LKP.

Tim SAR gabungan kemudian membantu menguras air yang masuk di KM Marero.

“Setelah kondisi air di dalam kapal telah berkurang, KM Marero kemudian melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Tobelo, dengan dikawal Oleh RIB Pos SAR Tobelo. Pukul 00.55 Wit, KM Marero sandar di pelabuhan Tobelo bersama tim SAR gabungan,” kata Arafah, Sabtu (27/11/2021).

Lanjut Arafah, dari hasil pendataan ulang oleh tim SAR gabungan diketahui bahwa jumlah POB KM Marero berjumlah 8 orang. Dimana sebelumnya jumlah penumpang dikatakan berjumlah 7 orang.

“Pada saat kejadian, 2 orang penumpang dievakuasi menggunakan longboat milik masyarakat, menuju pelabuhan Tobelo dan sudah sampai pada pukul 21.25 Wit. Sementara 6 orang lainnya bertahan di KM Marero,” ujarnya.

Dengan berhasil dievakuasinya seluruh korban dalam keadaan selamat pada Sabtu (27/11), pukul 01.15 Wit, tim SAR gabungan melaksanakan debrifing dengan kesimpulan 8 orang ditemukan dan dievakuasi dalam keadaan selamat.

“Selanjutnya operasi SAR pun selesai dan ditutup serta seluruh unsur dan potensi yang terlibat kembalikan ke kesatuan masing-masing dengan ucapan terima kasih,” tutup Arafah. (Dickhy)

Perlu di ketahui Pada Tanggal 26 November 2021,Pukul 13.00 WIT, KM Marero Berangkat Dari Jara – Jara Tujuan Tobelo, Pada pukul 17.15 Wit, salah satu penumpang menelpon istrinya dan menginfokan bahwa kapal mengalami kebocoran diperairan Antara Jara – Jara dan P Morotai, air masuk melalui saluran pendingin mesin dan pompa alkon tidak berfungsi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *