Satukan Persepsi, Basarnas Gelar Rakor Tingkatkan Kerjasama Potensi SAR

  • Whatsapp

TERNATE, MALUTTODAY.com – Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kota Ternate, Rabu (24/11/2021) menggelar rapat koordinasi bersama media. Pertemuan ini bertempat di gedung serbaguna, kantor Basarnas, Kelurahan Jambula.

Rapat koordinasi ini mengangkat tema “Meningkatkan Sinergitas Dalam Pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan di Provinsi Maluku Utara”.

Kepala Basarnas Kota Ternate, Muhamad Arafah mengatakan Badan Pencarian dan Pertolongan sebagai instansi pemerintah, yang bertanggung jawab terhadap bidang pencarian dan pertolongan terhadap kecelakaan pelayaran, penerbangan dan kondisi membahayakan jiwa manusia.

“Kecelakaan dengan penanganan khusus, serta bencana alam terus berbenah diri mengkaji semua kebijakan pencarian program dan pertolongan peningkatan, mau pun kemampuannya untuk memberikan pelayanan pencarian dan pertolongan optimal kepada seluruh masyarakat,” kata Arafah dalam sambutannya.

Lanjut Arafah, sbagaimana telah diamanatkan dalam undang-undang pencarian dan pertolongan nomor 29 tahun 2014, mengenai pentingnya koordinasi pencarian dan pertolongan.

“Kita sepakat bahwa penyelenggaraan operasi pencarian pertolongan akan lebih efektif dan efisien, apabila terintegrasi dalam satu terpadu,” imbuhnya.

“Kami menyadari bahwa kekuatan pencarian dan pertolongan lintas sektoral tersebut juga tidak akan mudah diwujudkan tidak terdapat senergi diantara seluruh pemangku kepentingan,” kata Arafah lagi.

Dalam kesempatan yang baik ini, tambah Arafah, mengajak segenap para media massa untuk bersama-sama menyatukan gerak dan langkah dalam memberikan pelayanan kemanusiaan terbaik kepada masyarakat.

“Harapan saya, melalui rapat koordinasi pencarian dan pertolongan kita tingkatkan profesionalisme, sinergitas dan militan guna tercapainya perasaan badan nasional pencarian dan pertolongan pada operasi SAR secara cepat, tepat dan terpadu,” harapnya.

Turut hadir dalam rapat koordinasi adalah Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ternate Djoko Sumardiono, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Kolonel Laut (P) Ashari S. Abidin, Panit II Sisar Bimas Air dan Pot Dirgantara Pol Airud Polda Maluku Utara Aiptu Ritno Supratu dan nahkoda Kapal Patroli KSOP Ternate Yulianwar. E. (Dickhy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *