Fenomena Gerhana Bulan Sebagian Teramati 2 Jam di Maluku Utara

  • Whatsapp

TERNATE, MALUTTODAY.com – Fenomena gerhana bulan sebagian teramati di Kota Ternate, Jumat (19/11/2021). Gerhana bulan sebagian ini teramati sekitar pukul 18.30 Wit, dengan lama durasi 2 Jam. Fenomena ini juga disaksikan oleh masyarakat di Provinsi Maluku utara.

Fase awal gerhana yang sedianya terjadi pada pukul 16.18 Wit, tidak dapat terlihat karena posisi bulan masih berada di bawah ufuk, terhalangi awan.

“Fase awal di Ternate, tidak terlihat karena bulan masih di bawah ufuk. Sehingga puncak gerhana pada pukul 18.02 Wit, tidak teramati,” ujar Peneliti Muda Sub. Bidang Analisis Geofisika Potensial dan Tanda Waktu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Rukmana Nugraha di lokasi pengamatan Grand Fatma Kelurahan Moya, Kota Kecamatan Ternate Tengah.

Rukmana mengatakan, berdasarkan hasil pengamatan BMKG, bulan baru terbit sekitar pukul 18.19 Wit, namun karena posisi di arah timur sedikit gelap, sehingga bulan baru teramati sekitar pukul 18.30 Wit.

“Seperti yang terlihat, bulannya tergerhanai bayangan bumi, jadi proses gerhana bulan sebagian berlangsung hingga pukul 19.47 Wit. Sementara gerhana  penumbra terjadi pada pukul 21.05 Wit,” jelas Rukmana.

Di Maluku Utara, pengamatan gerhana bulan  sebagian terfokus di Kota Ternate, dengan durasi pengamatan kurang lebih dua jam.

“Pengamatan gerhana bulan sebagian di Ternate, sekitar dua jam lamanya” jelasnya. (Dickhy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *