Kabinda: Sudah Hampir Mencapai Target Vaksinasi di Tingkat SMA

TERNATE, MALUTTODAY.com – Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Maluku Utara, Brigjen TNI (Mar) Imam Sopingi mengatakan sudah hampir mencapai target vaksinasi di tingkat SMA saat ini. Jika digabungkan dengan 10 kabupaten/kota di Maluku Utara dalam seminggu, vaksinasi bisa mencapai 1.000.

“Sehingga dari target mingguan dari pusat, bahwa kita dalam seminggu targetnya 3.400, maka dalam sebulan bisa mencapai 10.100 dosis vaksinasi yang berhasil disuntikan,” kata Imam kepada awak media di lokasi vaksinasi di halaman SMK Negeri 5 Kota Ternate, Kamis (11/11/2021).

Binda Maluku Utara, saat ini berhasil melakukan vaksinasi dari 10 sekolah baik SMP, SMA/SMK sederajat, dengan sasaran pelajar di usia 14-18 tahun.

“Jika kita gabungkan dengan kabupaten/kota, saya yakin sekali, untuk kita sasaran-sasaran di umur 14 sampai 18 tahun ini, bisa membawa capaian yang diharapkan,” ujar Jenderal bintang satu ini.

Menurut Imam, presentasi dari jumlah sekolah, sekitar 60 persen vaksinasi, sisa 40 persen, yang belum divaksinasi, karena harus ada persetujuan dari pihak orang wali.

“Sebagian belum divaksinasi, karena orang tuanya belum mengizinkan untuk kita vaksinasi, karena dibawah 18 tahun, ada persetujuan dari orang tua. Jika diizinkan maka divaksinasi, kalau pun tidak kita imbau agar punya kesadaran bahwa untuk membentuk suatu heard imunty di Maluku Utara harus diciptakan sama-sama,” terang Imam.

Disinggung terkait dengan vaksinasi di luar pulau Ternate, kata Imam, perlu ada koordinasi, adanya sosialisasi dan animo masyarakat yang banyak untuk melakukan vaksinasi.

“Sehingga kita mengadakan ke sana percuma kalau sudah menghadirkan tim nakes kesana, tapi animonya sedikit, ” katanya.

Dari data Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, capaian vaksinasi di kabupaten/kota, per tanggal 10 November 2021, angka vaksinasi di Maluku Utara, masing-masing dosis pertama sebanyak 354.090 jiwa atau 37.11 persen, dosis ke dua berjumlah 172.285 atau 18.27 persen, sedangkan untuk dosis ketiga 2.754 atau 30.10 persen. (Dickhy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *