LPP Kelas III Ternate Tempati Kantor Baru di Kelurahan Kastela

  • Whatsapp

TERNATE, MALUTTODAY.com – 41 tahanan dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana (napi) Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) kelas III Ternate Maluku Utara, dipindahkan di tempat hunian baru.

Kantor LPP Kelas III Ternate kini berada di Kelurahan Kastela, Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara.

Sebelum pemindahan 41 tahanan dan napi ini di kantor LPP yang baru ini, terlebih dahulu dilakukan asesmen dari Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Ternate.

Untuk kapasitas LPP Kelas III Ternate sekitar 200 lebih, saat ini baru ditempati 41 tahanan dan napi.

Kepala LPP Kelas II Ternate, Nona Ahmad kepada wartawan mengatakan hari ini pihaknya telah memindahkan 41 tahanan dan napi di kantor yang baru.

“Allhamdulillah hari ini kita sudah pindah ke kantor yang baru, pemindahan 41 tahanan dan napi sampai selesai berjalan Aman dan lancar,” jelas Nona, Jumat (8/10/2021).

Nona menambahkan, dari 41 orang tahan dan napi yang baru saja dipindahkan, paling banyak dalam kasus narkotika.

“Sekitar 14 orang itu kasus narkoba, sisanya itu bervariasi dalam kasus tindak Pidana Umum (Pidum),” akunya.

Nona bilang, ada tiga barak yang disiapkan untuk tahanan dan napi, barak maksimum, medium dan minimum, tetapi dua barak sudah tersedia.

“Baru barak maksimum dan medium, karena jumlah kamar yang cukup banyak akan disesuaikan, kita antisipasi kerusakan jika tidak ditempati, kapasitas kamar seharusnya 15 orang, kita isi mulai dari 5 sampai 10 orang per kamar, sesuai jenis hukuman agar semua kamar terisi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku Utara, Jumadi menambahkan setiap provinsi di Indonesia seharusnya harus memiliki LPP dan di Maluku Utara sudah ada.

“Napi perempuan tidak lagi bercampur dengan tahanan maupun napi anak-anak, disetiap provinsi memiliki lapas perempuan itu wajib, alhamdulillah kita di maluku utara sudah ada lapas perempuan,” jelasnya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *