Kepala DKP Kota Ternate, Ruslan Bian Diperiksa Jaksa Terkait Dugaan Korupsi Perusda

TERNATE, MALUTTODAY.com – Penyidik bidang Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi, Maluku Utara, melakukan pemeriksaan terhadap kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Ternate, Ruslan Bian, terkait dugaan korupsi anggaran penempatan dana investasi tahun 2016-2019 senilai Rp 25 miliar.

Ruslan diperiksa karena pada tahun 2017 hingga Maret 2018 ia menjabat sebagai Plt Direjtur PT Alga.

Ruslan kepada wartawan mengatakan, ia dipercayakan mantan wali Kota Ternate, sebagai Plt Direktur PT Alga karena Direktur definitif mengundurkan diri.

“Selesai bulan Maret tahun 2018, saya bermohon kepada mantan wali kota, agar mencari Direktur yang definitif, mencari dan diseleksi. Saya digantikan oleh pak Iksan Direktur Holding,” jelas Ruslan usai di periksa di kantor Kejati, Senin (27/9/2021).

Ruslan menambahkan, setelah itu Direktur Holding langsung menyeleksi Direktur definitif kemudian terpilih Sarman Saroden sebagai Direktur definitif PT Alga.

“Dalam pemeriksaan jaksa menanyakan kurang lebih 24 pertanyaan, pertanyaan itu seputaran saya menjabat di PT Alga, kemudian pertanyaan terkait pengelolaan pabrik rumput laut, apa yang saya lakukan saya jawab,” akunya.

Kasi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Maluku Utara, Richard Sinaga membenarkan pemeriksaan Ruslan Bian ketika dikonfirmasi.

“Iya, tadi ada pemeriksaan Kadis DPK Kota Ternate,” jelasnya,” katanya singkat. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.