Irwandi Fokatea Optimis Raih Medali di PON ke XX Papua di Kelas Lari 1.500 Meter

TERNATE, MALUTTODAY.com – Irwandi Fokatea, atlet cabang olahraga (cabor) atletik 1.500 meter asal Maluku Utara (Malut) optimis untuk bisa mempersembahkan medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX Papua pada 2021.

Berbagai latihan terus dilakukan guna meningkatkan stamina, dari sesi latihan Irwandi terus mengalami perubahan. Dari hasil evaluasi menunjukkan waktu tempuh yang target sangat cukup dan siap bertanding dan bersaing bersama atlit nasional lainnya.

“Tentunya, sebagai satu-satunya atlet yang ikut cabor atletik pasti memiliki keinginan kuat untuk berprestasi di ajang PON dan saya akan buktikan di Papua untuk meraih medali untuk Malut,” kata Irwandi kepada maluttoday.com, usai latihan di stadion Gelora Kie rRaha Ternate, Sabtu (18/9).

Irwandi adalah satu-satunya atlet untuk cabor atletik yang lolos ke PON ke-XX Papua, dengan cabang olah raga lari 1.500 meter, di mana harus bersaing dengan berbagai atlit yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Saya awalnya atlet muangthai, namun ajakan Ali Tuhurea, kala itu menjadi siswa di SMA Negeri 2 Ternate, diperkenalkan olahraga atletik. Selanjutnya dibina oleh pelatih Malut Bahrin Omamoy dan mulai merasakan rasa senang dan cinta dengan cabor atletik ini,” ujar Wandi, atlet yang tercatat sebagai mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan (STIKIP) Kieraha Ternate ini.

Hal tersebut terbukti, saat mengikuti pekan olahraga raga pelajar daerah (POPDA) Provinsi Malut mewakili Kota Ternate mampu menyumbangkan dua medali emas.

Dengan prestasi tersebut, Irwandi kemudian ditarik masuk ke pusat pendidikan dan latihan olahraga (PPLP) Sofifi, guna terus mengasah kemampuannya di bidang olahraga atletik ini.

Irwandi yang memulai karir di ajang nasional melalui Kejurnas di Papua, belum sempat meraih juara, karena jatuh sakit saat bertanding dan tidak sumbangkan medali untuk Provinsi Malut.

“Setelah saya berhasil pada 2017 bisa membawa Malut, meraih medali emas, kemudian saat mengikuti Kejurnas di Bangka Belitung, mampu sumbangkan medali perak, untuk lari jarak 800 meter dan medali emas untuk lari jarak 1.500 meter,” kata Irwandi, pria kelahiran Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, 16 Maret tahun 2001.

Irwandi juga mengakui, selama mengikuti berbagai ajang di tingkat nasional ini, lawan terberat yang dihadapinya adalah atlet dari Nusa Tenggara Barat dan DKI Jakarta.

“Kejurnas Bogor pada 2019 mampu meraih medali perunggu untuk lari 800 meter dan 1.500 meter, sekaligus menjadi satu-satunya atlet asal Provinsi Malut untuk cabang atletik di PON Papua 2021 khusus lari jarak 1.500 meter, ” ujar Wandi.

Sedang Coach Bahrin Omamoy menyampaikan dari sesi latihan Irwandi, terus menujukan peningkatan yang sangat luar biasa, tentunya hasil dapat dipertahankan hingga sampai turun bertanding.

“Ya dari sesi latihan, Irwandi terus mengalami perubahan, ini menunjukkan bahwa atlet ini serius dalam menghadapi PON nanti. Selain itu, dari kesiapan sudah matang serta kesehatannya juga dalam kondisi yang baik,” kata Coach Bahrin.

Sambung Bahrin, mengharapkan doa dan dukungan dari masyarakat, agar para atlit mampu bertanding dengan baik yang dapat membawa harum daerah di kancah nasional. (Dickhy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.