9 Bulan, Korban Kecelakaan Meninggal Dunia Mencapai 71 Orang

TERNATE, MALUTTODAY. com – Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Maluku Utara, mencatat banyaknya korban meninggal dunia, akibat dari kecelakaan di jalan raya tahun 2021.

Sesuai data yang diterima, tahun 2020 terhitung bulan Januari-Agustus di Maluku Utara, sebanyak 86 kasus kecelakaan yang mengakibatkan korban meninggal sebanyak 66 orang, korban luka berat sebanyak 27 orang dan korban luka ringan sebanyak 76 orang.

Dari banyaknya kasus kecelakaan di Maluku Utara paling banyak di Kabupaten Halmahera Utara, karena banyaknya korban mengendarai kendaraan dengan kecepatan tingga dan tidak menggunakan helm.

Di periode yang sama di 2021, jumlah kasus laka lantas naik menjadi di 124 kasus, korban meninggal dunia mencapai 71 orang dan korban luka berat 52 orang dan korban luka ringan capai 109 orang.

Di 2021 ini kasus paling banyak terjadi di Kabupaten Kepulauan Sula.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Malut, Kombes (Pol) B. Twedi Aditya Bennyadhi melalui Kasubdit Kompol Gakum Faidil Zakri kepada wartawan mengatakan, jika dibandingkan periode bulan Jauari hingga Agustus 2020 dan 2021, adanya kenaikkan kasus laka lantas.

“Tahun 2020 ada 86 kasus, di tahun 2021 naik hingga 124 kasus,” jelas Faidil di ruang kerjanya, Kamis (09/09).

Faidil menambahkan, meningkatkan kasus laka lantas di Maluku Utara ini pihaknya menghimbau kepada masyarakat pemgguna jalan, agar selalu mematuhi peraturan lalulintas.

“Mari sama-sama kita patuhi aturan berlalulintas, demi menghindari terjadinya laka lantas, karena rata-rata terjadinya kecelakaan diawali dengan pelanggaran,” ucapnya.

Faidil bilang, dari analisa Ditlantas Polda Maluku Utara, hampir semuanya terjadi kecelakaan karena pengemudi mengendarai dengan kecepatan tinggi.

“Karena pengendara tidak memperhatikan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan yang lain,” tukasnya, sembari mengatakan dimasa pandemi COVID-19 ini pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu taati protokol kesehatan (Prokes) saat berada di luar rumah. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.