Rutan dan Polres Ternate Bersinergi Usut Dugaan Penipuan yang Dilakukan Oknum Napi

  • Whatsapp

TERNATE, MALUTTODAY. com – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Ternate, Maluku Utara, bersinergi dengan Polres Ternate dalam mengusut dugaan tindak pidana oknum Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau narapidana (napi) yang menipu seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) mencapai ratusan juta rupiah.

Oknum napi dengan inisial NT (45) itu mengaku sebagai anggota Badan Intelejen Indonesia (BIN) yang bertugas di perusahaan PT NHM sebagai petugas co-pilot berhasil menipu IRT dengan inisial RT (40).

Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas IIB Ternate kepada wartawan mengatakan pihaknya bersama penyidik Polres Ternate sudah menjadwalkan pemeriksaan terhadap NT.

“Untuk pengungkapan lebih lanjut serta mendalami dugaan kasus tersebut, kami telah mengadakan kerjasama atau sinergi dengan Polres Ternate mengusut dugaan kasus penipuan yang diduga dilakukan NT, sesuai jadwal penyidik akan periksa pada hari Sabtu yang akan datang,” ucap Sujatmiko.

Sujatmiko menambahkan, dalam mengusut kasus tersebut pihaknya telah melakukan beberapa langkah untuk menyelesaian masalah tersebut.

“Setelah ada informasi tentang adanya kasus penipuan, kita langsung melakukan penggeledahan terutama di kamar napi NT, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan NT kita masukan ke straffsel atau kamar pengawasan yang hanya bisa diakses oleh petugas yang telah ditunjuk,” akunya.

Sujatmiko bilang, untuk menelusuri permasalahan telah dilakukan, pihaknya melakukan pemeriksaan internal terhadap NT, serta kepada beberapa petugas yang pernah berhubungan dengan NT.

“Dari hasil pemeriksaan untuk sementaa NT beralibi bahwa uang yang di transfer IRT tersebut berupa transaksi hutang piutang dan IRT tersebut mempunyai hubungan khusus dengannya sejak sebelum terlibat tindak pidana,” katanya.

Karutan ini juga menegaskan jika ada petugas apabila ditemukan adanya keterlibatan dalam kasus tersebut. akan diberikan tindakan sesuai ketentuan peraturan kepegawaian atau kode etik yang berlaku. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *