Tunggakan Pajak Kendaraan Pemda Halmahera Utara, Capai Rp 2,3 Miliar Diserahkan ke Jaksa

  • Whatsapp

HALUT, MALUTTODAY.com – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Satuan Sistem Admistrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Halmahera Utara, Maluku Utara, menyerahkan tunggakan pajak kendaraan Pemerintah Daerah (Pemda) Halmahera Utara, ke Kejaksaan Negeri (Kejari).

Tunggakan pajak kendaraan mencapai hingga Rp. 2,3 miliar lebih itu, rupanya termasuk kendaraan Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara serta kendaraan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Dari banyaknya tunggakan terdapat 686 kendaraan, kendaraan roda empat sebanyak 211 kendaraan, roda dua 475 kendaraan.

Kepala UPTD Samsat Halmahera Utara, Linda H. Djawa melalui, Kapala Seksi Penagihan, Ajhar Surat kepada wartawan mengatakan mengatakan tunggakan pajak kendaraan Pemda, sebanyak Rp. 2,314,744,180 dan telah diserahkan ke Kejari Halmahera Utara.

“Sebelumnya kita sudah serahkan tapi belum lengkap, jadi kemarin kita sudah lengkapi dan langsung serahkan data tunggakan pajak kendaraan Pemda telah kita serahkan ke Kejaksaan,” jelas Ajhar di ruang kerjanya, Kamis (26/08).

Ajhar menambahkan, dari data tersebut pihaknya tidak mengetahui apakah sudah ada pemutihan atau tidak, kerena sampai saat ini tidak ada koordinasi dari Pemda.

“Kita tidak tahu, dari jumlah kedaraan apakah ada sudah pemutihan atau mutasi, karena tidak ada koordinasi,” akunya.

Ajhar bilang, dari banyaknya tunggakan pajak, termasuk kendaraan Bupati dan Wakil Bupati serta Anggota DPRD Halmahera Utara.

“Iya termasuk kendaraan itu sudah ada didalam data, kita hitung secara keseluruhan dari Pemda Halmahera Utara,” katanya.

Terpisah Kepala Kejari Halmahera Utara, Agus Wirawan Eko Saputro kepada wartawan membenarkan pihaknya sudah menerima data tunggakan pajak kendaraan Pemda dari Samsat.

“Iya kita sudah terimah data itu dari Samsat,” akunya.

Agus bilang, saat ini pihaknya sedang meneliti data tersebut, dan akan mengkonfirmasi kembali ke Samsat apa kendalanya.

“Nanti kita akan bahas, minta penjelasan Samsat ini masalahnya apa, kendalanya apa,” pungkasnya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *