Sempat Kabur Dari Lapas Ternate, Narapidana Pembunuhan Ditangkap Warga Hiri

TERNATE, MALUTTODAY. com – Sempat melarikan diri dari lapas kelas II A Ternate, narapidana pencurian dan pembunuhan pelajar SMA di Kota Ternate, Muhammad Kasim Hafel alias Upi (33) akhirnya ditangkap warga Pulau Hiri, Kota Ternate, Maluku utara, Rabu (25/8).

Sebelumnya Upi divonis 20 tahun penjara, ia berhasil kabur dibantu teman satu selnya dengan memanjat tembok lapas, pada Selasa dini hari (24/8/2021) pukul 03.30 Wit.

Pelarian pelaku narapidana kasus pencurian dan pembunuhan ini kabur dari Ternate, menggunakan perahu bodi dengan tujuan Jailolo, Halmahera Barat, namun karena kelelahan mendayung, akhirnya pelaku  terdampar di Pulau Hiri. Ia kemudian berhasil ditangkap dan diamankan warga Kelurahan Tafraka, Kecamatan Pulau Hiri, Kota Ternate pada pukul 11.30 Wit.

Polisi kemudian bergerak cepat dan mengamankan pelaku Upi ke Polres Ternate, yang nantinya akan diserahkan ke lapas kelas II A Ternate, guna menjalani proses lanjut.

“Siang tadi warga melihat orang mencurigakan merapat menggunakan perahu bodi di Pulau Hiri kerena warga sudah tahu informasi dari polisi maupun melalui media. Sehingga menginformasikan bersama dengan masyarakat yang sudah mengenali ciri-ciri pelaku, langsung mengamankan dan dibawa ke Pospol Pulau Hiri. Setelah dikroscek benar Kasim alias upi,” ujar Aditya.

Lanjut Aditya, dari hasil keterangan pelaku, pelarian Upi menggunakan perahu bodi milik warga, namun tidak mengetahui karena sempat melairkan di hutan karena takut ketahuan.

“Iya mendayung dari Ternate, tujuan sebenarnya ke Jailolo, tapi karea kelelahan karena ombak, dia merapat ke Pulau Hiri. Distulah ditemukan warga,” tutur Aditya.

Terpisah Kepala Lapas kelas II A Ternate, Maman, mengatakan setelah diamankan Muhammad Kasim Hafel alias Upi (33), akan mendapatkan sanksi mulai dari pencabutan remisi, hingga di kamar strafcell.

“Iya benar warga sudah amankan dan dibawa ke Polres, bersangkutan mendapat sanksi pencabutan remisi tahun berjalan (2021) dan penempatan di kamar strafcell selama 12 hari,” tandas Maman melalui saluran WhatsApp.

Perlu diketahui pelaku bernama Muhammad Kasim Hafel alias Upi (33), berhasil melarikan diri melalui ruangan tahanan isolasi blok G, setelah merusak pintu ruangan, sekira pukul 03:30 Wit dini hari.

Pelarian pelaku Kasim tak sendiri ia itu dibantu rekan satu selnya, Bayu Prasojo (40) narapidana kasus narkotika. Keduanya keluar dari ruang isolasi yang merupakan blok maksimum security.

Pelaku merupakan narapidana kasus pencurian dan pembunuhan pelajar SMA di Ternate, pada tahun 2014, atas kasus tersebut, pengadilan negeri Ternate, menvonis Kasim alias Upi 20 tahun penjara, baru akan bebas pada  tahun 2029. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.