Polsek Ternate Utara Tangkap Pemalsu dan Pengguna Sertifikat Vaksin Palsu

TERNATE, MALUTTODAY. com – Polisi mengamankan pelaku pembuatan dokumen sertifikat vaksinasi palsu di Kota Ternate, Maluku utara.

Sertifikat palsu ini terbongkar setelah petugas bandar udara Hasanudin Makassar, Sulawesi Selatan melakukan validasi dan pengecekan syarat perjalanan oleh salah satu penumpang tujuan Ternate, berinisial CU. Namun pada saat pengecekan nama dan NIK tidak terdaftar di sistem.

Saat ini terduga pelaku dan pengguna sertifikat vaksin palsu masih ditahan di Polsek Ternate utara untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kapolsek Ternate Utara, Iptu Joni aryanto mengatakan, mendapatkan informasi dari petugas KKP bandar udara Sultan Baabullah Ternate, ada indikasi dugaan pemalsuan dokumen, yaitu sertifikat vaksinasi yang dilakukan oleh penumpang berinisial CU, yang beralamat di Jailolo Selatan, Halmahera Barat. Kemudian petugas bergerak menuju bandara untuk mengamankan CU.

“Setelah dilakukan interogasi membenarkan bahwa saudara CU mengaku seritifikat ini adalah sertifikat palsu, yang dibuatkan saudara S dengan membayar uang sebanyak Rp 1.700.000,” ungkap Joni.

Lanjut Joni, dari hasil keterangan sementara, CU meminta bantu kepada S. Kemudian S meminta bantu kepada saudara M dengan memberikan uang Rp 1.100.000. Kemudian diberikan lagi kepada O, sebanyak Rp 600.000. Dari O, lalu memberikan uang sebanyak Rp 250.000 kepada terduga YN sebanyak Rp 250.000 untuk dibuatkan sertifikat palsu.


“Jadi YN yang membuat surat vaksinasi palsu dengan cara menggunakan sertifikat vaksin milik orang lain. Kemudian discan lalu disharing menggunakan aplikasi handphone dan sambungkan ke laptop yang nanti keluar sertifikat, sehingga mudah digantikan nama pesanan sertifikat,” ujar Joni.


Menurut Joni, kasus dugaan surat sertifikat palsu ini terbongkar, dari bandar Sultan Hasanudin. Pada saat petugas melakukan validasi saat pengecekan di bandara, saat dilakukan pengecekan ternyata nama CU dan NIK tidak terdaftar. Setelah dikonfirmasi ke pihak Puskesmas Kalumpang, Kota Ternate ternyata terkonfirmasi CU ini belum pernah melakukan vaksinasi di puskesmas tersebut.


“YN terduga pelaku ini diamankan di Polsek Ternate utara, berdasarkan pengakuannya,” tandanya. (Dicky)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.