39 Napi dan Tahan Perempuan di Ternate Jalani Vaksinasi

TERNATE, MALUTTODAY.com – Sebanyak 39 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan tahanan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Ternate, menjalani vaksinasi, Senin (23/8/2021).

Vaksin yang dilaksanakan di Lapas Perempuan Ternate Tersebut merupakan kerjasama Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku Utara dan Polda Maluku Utara guna memutus rantai penularan covid-19.

Kepala Lapas Perempuan Kelas III Ternate, Nona Achmad kepada wartawan mengatakan, dari 50 WBP dan tahanan di LPP Ternate, 39 orang sudah dilakukan vaksinasi sementara 10 orang lain belum mengikuti vaksinasi karena dalam kondisi sakit.

“10 orang tadi hasil skrining mengalami penyakit komorbit sehingga belum bisa divaksin,” ungkap Nona.

Nona menambahkan, vaksinasi yang dilaksakan tersebut merupakan tindak lanjut Kementerian Hukum dan HAM untuk menyukseskan program pemerintah guna memutus rantai penularan khususnya di dalam Lapas.

“Ini langkah istiar kita jangan sampai ada tahanan atau WBP di dalam LPP yang terkena Covid-19, karena vaksin ini untuk menambah daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terpapar,” jelasnya.

Terpisah, Kapolda Maluku Utara Irjen (Pol) Risyapudin Nursin melalui Kepala Bidang Hukum Polda Maluku Utara, Kombes (Pol) Yudi Rumantoro mengatakan, vaksinasi Covid-19 di Lapas Perempuan ini merupakan kerjasama antara Polda dan Lapas.

“Polda tetap mendukung karena ini, program pemerintah yang ditindaklanjuti bapak Kapolda di daerah,” tuturnya.

Yudi dalam kesempatan tersebut juga memberikan apresiasi kepada LPP dan Lapas Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Ternate karena sudah telah melaksanakan vaksin Covid-19.

“Dengan vaksin ini saya mengajak masyarakat untuk ayo ikut vaksin, dan yang terpenting jangan mudah terpancing dengan informasi terkait dengan vaksin yang tidak jelas, karena vaksin yang diberikan pemerintah ini adalah vaksin yang aman dan halal,” pungkasnya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.