Penumpang Citilink Positif Covid, Palsukan Dokumen PCR dan Bercadar Bakal Diproses Hukum

  • Whatsapp
Ilustrasi wanita bercadar

TERNATE, MALUTTODAY.com – Kepolisian Resort (Polres) Ternate, Maluku Utara, memproses seorang penumpang maskapai penerbangan Citilink, karena diduga memalsukan dokumen hasil tes usap polymerase chain reaction (PCR).

Seorang warga dengan inisial DW berdomisili di salah satu kelurahan di Kecamatan Ternate Selatan itu, menggunakan hasil tes PCR untuk mengelabui petugas Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, untuk berangkat ke Kota Ternate.

Bacaan Lainnya

Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Ternate AKBP Aditya Laksimada wartawan membenarkan pihaknya memproses salah satu penumpang maskapai penerbangan Citilink.

“Iya (diproses) tetapi menunggu yang bersangkutan selesai isolasi mandiri, karena statusnya positif COVID-19,” jelas Aditya, Senin (19/07).

Aditya menambahkan, untuk kasus tersebut pihaknya telah melakukan penyelidikan dan menunggu hasil PCR negatif langsung dilakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan.

“Penyelidikan sudah dibuka terhadap yang bersangkutan,” akunya.

Kapolres Ternate, AKBP Aditya Laksimada

Aditnya bilang, pihaknya belum bisa menyimpulkan, kasus apa yang telah dilanggar, karena belum melakukan pemeriksaan.

“Belum disimpulkan, karena kita saja belum diperiksa,” pungkasnya.

Perlu diketahui, DW melakukan perjalanan dari Jakarta ke Kota Ternate, memakai data diri istri-nya dan memakai pakaian cadar, karena tes PCR milik istri-nya hasil negatif. Namun, saat tiba di Bandara Baabullah Ternate dan kemudian dilaporkan pramugari setelah kedapatan membuka cadar dan menggantikan pakaian kemeja di dalam toilet pesawat.

DW pria bercadar dan palsukan dokumen PCR saat dibawa petugas keluar Bandara Baabullah Ternate. (foto: Istimewa)

Aksi ini terbongkar setelah pramugari menghubungi pihak Bandara Sultan Baabullah Ternate, untuk melakukan penahanan, karena alasan-nya mencurigakan. Sehingga para petugas kesehatan di bandara langsung melakukan tes usap antigen dan hasilnya positif COVID-19.

“Setelah hasil positif COVID-19 pihak bandara langsung menghubungi tim Satgas Penanganan COVID-19 Kota Ternate, untuk melakukan evakuasi dengan memakai pakaian alat pelindung diri (APD), kemudian dibawa menggunakan mobil ambulans menuju rumah untuk melakukan isolasi mandiri dan akan diawasi oleh petugas Satgas,” ujar Kepala Operasional Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kota Ternate, Muhammad Arif Gani dikutip dari ANTARA, Senin (19/07/2021). (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *