Kapal Penangkap Ikan KMN Usaha Baru Alami Mati Mesin di Perairan Pulau Bisa

HALSEL, MALUTTODAY.com – Kapal penangkap ikan KMN Usaha Baru berpenumpang 18 orang mengalami mati mesin di perairan pulau Bisa. Kapal mengalami mati mesin saat mencari ikan di perairan tersebut.

“Basarnas Ternate melalui Unit Siaga SAR Bacan, Sabtu 17 Juli 2021 sekitar pukul 20.55 Wit, menerima laporan dari keluarga ABK bernama Ibu Upi, bahwa kapal KMN Usaha Baru 65 GT 20, mengalami mati mesin di perairan Utara Pulau Bisa,” terang Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah, Minggu (18/07/2021).

Bacaan Lainnya

Setelah menerima laporan, kata Arafah, pukul 21.15 Wit, Kansar Ternate memberangkatkan tim rescue Unit Siaga SAR Bacan menggunakan kapal RB 309 Basarnas Ternate. Dengan jumlah personil 12 orang menuju ke LKP untuk melakukan pencarian dan pertolongan.

Lanjut Arafah, pada tanggal 18 Juli pukul 00.22 Wit, RB 309 tiba di LKP dan selanjutnya melakukan pencarian terhadap kapal KMN Usaha Baru 65, namun tidak menemukan tandas keberadaan kapal disekitar LKP.

Tambah Arafah, pukul 07.30 Wit, saat dalam perjalanan kembali ke pelabuhan Panambuang, RB 309 Basarnas Ternate berhasil menemukan KMN Usaha Baru 65, di koordinat kurang lebih 15,46 nm arah barat laut dari LKP dan telah selesai melakukan perbaikan mesin dan kapal bergerak menuju ke pelabuhan Babang di kawal kapal RB 309.

“Pukul 10.06 Wit, RB 309 tiba di pelabuhan Panambuang dan melakukan debriefing dengan kesimpulan 18 orang ditemukan dalam keadaan selamat. Selanjutnya, operasi SAR ditutup dan unsur yang terlibat dikembalikan ke satuan masing-masing dengan ucapan terima kasih,” tandas Afarah. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *