50 Potensi SAR di Morotai Diharapkan Terus Mengasah Water Rescue & Underwater Rescue

MOROTAI, MALUTTODAY.com – Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas Ternate) resmi menutup kegiatan pelatihan potensi SAR, latihan water rescue (teknik pertolongan di permukaan) dan underwater rescue (teknik pertolongan dalam air) yang diselenggarakan selama 5 hari di Daloha Resort Morotai.

Sebanyak 50 peserta yang terdiri dari personel TNI, Polri dan organisasi potensi SAR mengikuti penutupan pelatihan ini. Kegiatan ditutup langsung oleh Kepala Kantor Basarnas Ternate Muhamad Arafah didampingi tim dari Basarnas pusat.

Bacaan Lainnya

Muhamad Arafah dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kalinya dilaksanakan di daerah Kabupaten Pulau Morotai. kegiatan pelatihan dilaksanakan sejak 17-21 Juli 2021 dilaksanakan di Daloha Resort Morotai dengan materi teori kelas dan praktik di lapangan.

“Materi yang diberikan seperti pertolongan pertama yang meliputi pemeriksaan fisik, bantuan pernapasan, teknik memberikan pertolongan di air, dari mulai korban panik hingga menyelamatkan korban. Terus pengetahuan tentang penyelamatan di dalam air dengan menggunakan peralatan selam,” jelasnya, Sabtu (21/07/2021).

Arafah berpesan agar kemampuan dan keterampilan SAR yang dimiliki hendaknya terus diasah dan dipelihara serta ditingkatkan, bahkan dapat diteruskan pada masyarakat luas. Sehingga potensi SAR yang dimiliki oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate semakin handal dan profesional.

Ia juga mengucapkan banyak terima pada semua yang terlibat baik peserta, instruktur serta panitia sehingga cara tersebut mampu terselenggaranya dengan baik dan lancar.

“Diharapkan kedepannya peserta mampu melaksanakan pertolongan di air, baik kecelakaan laut maupun sungai. Kami berharap setelah kegiatan ini kita tetap terus bersinergi dan terkoordinir,” ucapnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *