Patroli Prokes TNI-Polri, Warga Tidak Mengenakan Masker Dihukum Push Up

TERNATE, MALUTTODAY.com – Polres Ternate bersama Kodim 1501/Ternate, Selasa (13/07/2021) pagi tadi menggelar patroli protokol kesehatan (prokes). Dalam patroli ini, warga Kota Ternate yang tidak disiplin dan taat prokes diberikan sanksi push up.

Kegiatan patroli ini dipimpin langsung Kapolres Ternate AKBP Aditya Laksimada dan Dandim 1501/Ternate Kolonel Inf Moch R. Iskandarmanto.

Bacaan Lainnya

Patroli prokes ini menyasar warga yang beraktivitas di luar rumah yang tidak mengenakan masker.

Selama patroli, petugas mendapati puluhan pengendara roda empat maupun roda dua tidak mengenakan masker, langsung diberikan sanksi push up. Kemudian diberikan pembinaan pentingnya menaati prokes.

“Jadi pada hari ini kita melaksanakan patroli protokol kesehatan khususnya penggunaan masker. Memang masih banyak warga, satu-dua yang belum sadar. Namun secara umum sudah banyak yang taat dari pada yang tidak taat. Tapi yang tidak taat inilah yang akan jadi sasaran kita,” terang Kapolres Ternate AKBP Aditya Laksimada pada wartawan di halaman kantor Kodim 1501/Ternate.

Aditya juga mengatakan patroli prokes akan terus digalakan sewaktu-waktu dengan memberikan sanksi yang lebih tegas. Jadi bentuk sanksinya bisa hukuman disiplin atau di proses hukum.

“Kita mungkin akan jadwalkan lagi secara insidentil, waktunya tidak akan kita beri tahu. Jadi bentuk sanksinya bisa saja seperti tadi hukuman disiplin disuruh push up dan sebagainya atau  nanti kalau sudah mengkhawatirkan tingkat penyebaran covid-nya bisa kita tindak lebih keras lagi misalkan kita bawa ke kantor kita periksa tetapkan sebagai tersangka pelaanggar PPKM atau pelanggar Perwali,” tegasnya.

Sementara itu, Dandim 1501/Ternate Kolonel Inf Moch R. Iskandarmanto mengaku siap mem-back up Polres Ternate untuk melakukan patroli prokes.

“Ini semuanya sudah terjadwal (waktu pealksaan patroli), hanya khusus untuk kita. Tidak akan kita beritahukan keseluruh masyarakat. Dengan begitu kita akan tahu masyarakat benar-benar disiplin karena kesadaran diri sendiri atau karena ada patroli,” jelas Iskandarmanto di halaman kantor Kodim 1501/Ternate. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *