KSOP Ternate: Penumpang KM Karya Indah tidak Sesuai Manifest, Tanggung Jawab Nahkoda

  • Whatsapp

TERNATE, MALUTTODAY.com – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, tetap berpatokan jumlah penumpang sesuai pada manifest.

Jumlah penumpang yang tercatat di manifest terdapat 181 penumpang dan 14 ABN, namun saat pendataan bertambah menjadi 175 dan data terakhir bertambah menjadi 283 orang.

Bacaan Lainnya

Kepala KSOP Ternate, Affan Tabona dalam konferensi pers mengatakan, dirinya telah melaporkan ke Kementrian jumlah penumpang dan ABK sesuai manifest.

“Kami berpatokan sesuai manifest, saya laporkan ke Kementerian,” jelas Affan di Kantor KSOP Ternate, Senin (31/05/2021).

Affan menambahkan, adapun selisih yang terjadi saat ini menjadi tanggung jawab nahkoda KM Karya Indah dan pemilik kapal.

“Selisih penumpang itu tanggung jawab nahkoda dan pemilik kapal,” tegasnya.

Affan bilang, sebelum pihaknya menerbitkan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) ke pihak kapal, nahkoda mengatakan kapalnya siap dan nahkoda membuat surat, siap bertanggung jawab terhadap kapalnya.

“Sebelum surat itu diserahkan ke kita, nahkoda dan pemilik kapal mengecek muatannya, jika ada barang yang berbahaya, terselubung, itu tanggung jawab mereka,” pungkasnya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *