Lindungi WBP Lansia, Rutan Ternate Sediakan Dua Kamar Bebas Asap Rokok

TERNATE, MALUTTODAY.com – Demi menjaga kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan tahanan yang memasuki lanjut usia (Lansia), Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Ternate, Maluku Utara menyiapkan dua kamar bebas asap rokok.

Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas IIB Ternate, Sujatmiko kepada wartawan mengatakan langkah ini diambil untuk menjaga kesehatan para WBP dan tahanan.

Bacaan Lainnya

“Kelompok rentan di Rutan Ternate antara lain WBP/tahanan berusia di atas 50 tahun serta WBP yang pernah mempunyai penyakit tertentu. Untuk itu kami menyiapkan kamar yang bebas dari asap rokok,” jelas Sujatmiko, Sabtu (13/03/ 2021).

Sujatmiko menambahkan, saat ini disiapkan dua kamar, yaitu kamar nomor enam dan kamar nomor tujuh, bagi WBP dan tahanan.

“Penyediaan kamar ini bisa mencegah WBP dan tahanan yang tidak merokok agar terhindar sebagai perokok pasif yang justru lebih berbahaya,” katanya.

Sujatmiko bilang, kamar ini juga sebagai ‘insentif’ kepada WBP dan tahanan yang mau meninggalkan kebiasaan merokok dan menerapkan pola hidup sehat.

“Bagi WBP dan tahanan yang masih merokok, pada waktu siang hari disediakan smoking area di ruangan terbuka di bawah pepohonan untuk membatasi paparan asap rokok bagi yang bukan perokok,” jelasnya.

Kebijakan penyediaan kamar khusus no smoking area dimaksudkan untuk memancing kesadaran WBP dan tahanan meninggalkan kebiasaan merokok yang lebih banyak kerugiannya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *