Baznas Sosialisasi UPZ di Kodim 1509/Labuha

  • Whatsapp

HALSEL, MALUTTODAY.com – Baznas Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) menyambangi Kodim 1509/Labuha untuk mensosialisasikan dan pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) kepada personil Kodim 1509/Labuha.

Diterima langsung oleh Pasilog, Kapten Czi Mustamin yang mewakili Dandim 1509/Labuha. Bertempat di aula Makodim 1509/Labuha, jalan Sapta Marga, Kampung Makian, Kecamatan Bacan Selatan,

Jufri Lamoro Ketua Baznas Halsel periode 2020-2025, didampingi oleh Kepala Penyelenggara Zakat wakaf Departemen Agama Kabupaten Halsel Atib Ajid.

Jufri mengatakan, sosialisasi keberadaan lembaga negara non kementerian tetapi di bawah pengawasan Kementerian Agama, berdasarkan UU no 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat dan pembentukan unit zakat.

Baznas Halsel, kata Jufri, akan menghimpun dan mengumpulkan zakat, infaq dan sedekah serta menyalurkan kepada yang berhak menerima, maupun menyalurkan dana zakat melalui program Baznas.

“Zakat sebagai bentuk pembersihan harta yang kita terima dan akan disalurkan di 8 golongan yang berhasil menerima zakat, seperti kaum fakir, miskin, ibnu sabil, fi sabilillah, mualaf, riqab, gharim dan amil zakat,” terangnya.

Lanjutnya, tidak hanya zakat, Baznas Halsel juga menerima infaq yang akan digunakan dan disalurkan untuk program Halsel cerdas seperti beasiswa murid berprestasi dan kurang mampu.

Tambahnya, pembayaran zakat bagi umat Islam di Kabupaten Halmahera Selatan dapat dilakukan di kantor Baznas secara langsung atau melalui rekening yang telah tersedia.

“Alamat kantor Baznas yang bermarkas di lantai I, masjid raya Al-Khairaat, jalan Karet Putih, Kampung Makian, Kecamatan Bacan Selatan,” katanya.

Sementara itu, Pasilog Kapten Czi Mustamin mengatakan akan menyampaikan hasil paparan dan penjelasan dari Baznas maupun dari Depag kepada pimpinan.

“Alhamdulillah, dengan kedatangan pihak Baznas dan Departemen Agama Halsel yang mensosialisasikan dan pembentukan unit zakat. Kami bisa mengerti dan paham perlunya mengeluarkan zakat fitrah, zakat mal dan zakat profesi serta kami bisa menyalurkan zakat dengan tepat sasaran,” ujarnya. (Iham)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *