Harga Kedelai Naik, Satgas Pangan Jamin Stok Cukup Penuhi Kebutuhan Masyarakat

  • Whatsapp

TERNATE, MALUTTODAY.com – Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) melakukan pengecekan distributor dan pabrik pembuatan tahu dan tempe di wilayah hukum Polda Malut.

Pengecekan di pabrik tahu dan tempe sebanyak tiga pabrik, yakni pabrik Usaha Mandiri berlokasi di Kelurahan Tafure, Pabrik UD Makmur berlokasi Kelurahan Tafure dan pabrik UD Barokah berlokasi di Kelurahan Tabam Kota Ternate.

Bacaan Lainnya

banner 1280960

banner 750449

Direktur Reskrimsus Polda Malut Kombes Pol Alfis Suhaili melalui Kasubdit I/Indang, Kompol Rusli Mangoda mengatakan, pembelian kedelai di Kota Ternate yang didapatkan dari distributor dengan harga Rp 10.000 per kilogram.

“Pembelian kedelai pada tahun 2019 masih dengan harga Rp 9.000 per kilogram dan di tahun 2021 naik Rp 1.000 menjadi Rp 10.000 per kilogram,” jelas Rusli, Rabu (6/1/2021).

Rusli menambahkan, penjualan tempe di Kota Ternate selama harga kedelai naik menjadi Rp 5.000/potong. Sedangkan untuk harga jual tahu Rp 3.500/potong. Penjualan sampai saat ini masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk beberapa waktu kedepan karena ketersediaan kedelai masih mencukupi.

“Pembelian kedelai yang didapatkan dari Sulawesi Utara, Manado, yakni sebesar Rp 10.000/kg. Penjualan tempe dan tahu masih dapat disesuaikan dengan harga kenaikan kedelai yang cukup tinggi berkisar sekitar Rp 2.000,” katanya.

Rusli bilang, saat ini masyarakat masih membeli, walaupun harga dinaikkan sedikit tinggi dari harga penjualan tempe sebelumnya Rp 5.000 per dua potong. Sekarang menjadi Rp 5.000 per satu potong.

“Sedangkan tahu sebelumnya Rp 5.000 dapat 4 buah. Sekarang menjadi Rp 5.000 dapat 3 buah. Ketersedian bahan pokok kedelai masih mencukupi untuk pengelolaan tahu dan tempe untuk beberapa pekan kedepan,” akunya.

Mantan Kasat Reskrim Polres Halmahera Utara ini menambahkan, pembelian kedelai yang didapatkan dari produsen yang berada di Kota Surabaya, pembelian kedelai dengan harga Rp 9.000/kg dan sekarang naik sebesar Rp 3.000 menjadi Rp 11.000/kg. Penjualan tempe selama harga kedelai naik menjadi Rp 5.000/potong. Sedangkan untuk harga jual tahu Rp 3.500/potong.

“Keledai naik Rp 3000. Untuk penjualan sampai saat ini masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk beberapa waktu kedepan karena ketersediaan kedelai masih mencukupi kebutuhan di wilayah Malut serta tidak ada gejolak kelangkaan sampai dengan saat ini,” pungkasnya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *