Polda Malut Hentikan Kasus Ijazah Palsu Calon Bupati Halsel, Rahim: Dari Awal Saya Sudah Yakin

  • Whatsapp
Calon Bupati Kabupaten Halmahera Selatan, Usman Sidik (Foto: Samsul/Maluttoday)

TERNATE, MALUTTODAY.com – Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut), akhirnya menghentikan penyelidikan dugaan ijazah palsu calon Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Usman Sidik.

“Memang betul telah dihentikan penyelidikannya,” jelas Kabid Humas Polda Malut, AKBP Adip Rojikan kepada wartawan, Selasa (17/11/2020).

Bacaan Lainnya

banner 1280960

banner 750449

Adip berdalih bahwa pemberhentian penyelidikan kasus tersebut dilakukan lantaran tidak cukup bukti untuk melanjutkan perkara itu.

Kata Adip, setelah dilakukan pemeriksaan sejumlah saksi-saksi dan dihubungi lembaga pendidikannya, tidak terbukti Usman Sidik menggunakan ijazah palsu.

“Tidak terbukti yang bersangkutan (Usman Sidik) menciptakan atau membuat ijazah palsu,” ujarnya.

Adip bilang, setelah dilakukan gelar perkara. Hari ini Ditreskrimum Polda Malut resmi menghentikan kasus tersebut. Meski demikian jika ditemukan bukti baru maka kasus ini akan dilanjutkan kembali.

“Hari ini resmi dihentikan. Namun demikian ada alat bukti yang baru, kasus tersebut akan dilanjutkan kembali,” cetusnya.

Perihal penghentian kasus ijazah palsu Usman Sidik ini telah terlebih dahulu diketahui kuasa hukum PW Muhammadiyah Maluku Utara, Rahim Yasin.

“Dari awal saya sudah yakin akan dihentikan. Dan, hari ini sudah terbukti, kasus itu akan dihentikan. Karena kasus tersebut tidak ditemukan tindak pidana,” ujarnya.

Perlu diketahui, Usman Sidik merupakan calon Kepala Daerah (Cakada) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel). Kasus ini mencuat setelah dilaporkan sejumlah masyarakat di Kabupaten Halsel melalui kuasa hukum Muhamad Konoras. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *