Pencarian Hari Pertama Warga Obi yang Jatuh Dari Long Boat Nihil

  • Whatsapp

TERNATE, MALUTTODAY.com – Pencarian warga Desa Galala, Kecamatan Obi Utara, Kabupaten Halmahera Selatan, bernama Theis (52) yang hilang setelah terjatuh dari long boat di perairan Desa Kawasi hingga Sabtu (14/11/2020) sore hari belum juga ditemukan.

Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah dalam keterangan tertulis yang diterima Maluttoday mengatakan, pencarian terhadap warga Desa Galala yang terjatuh dari longboat belum membuahkan hasil. Pukul 09.40 Wit, tim rescue dengan menggunakan RIB 01 Bacan tiba di Desa Kawasi dan melakukan koordinasi  dengan Sekdes Kawasi dan pihak keluarga. Setelah melakukan koordinasi tim SAR  gabungan melanjutkan pencarian di lokasi kejadian perkara (LKP).

Bacaan Lainnya

banner 1280960

banner 750449

“Pencarian dan penyisiran juga dilakukan area sekitar Tanjung Toduku dan Pulau Kane-Kane. Namun pencarian yang melibatkan petugas dari Basarnas, TNI/Polri dan masyarakat serta pihak keluarga belum menemukan tanda-tanda keberadaan korban,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Arafah,  pukul 18.30 Wit, tim SAR Gabungan selesai melakukan pencarian dengan   hasil nihil. Kemudian melaksanakan debreafing. Pencarian dihentikan sementara dan akan dilanjutkan esok hari pada tanggal 15 November 2020, pukul 07.00 Wit.

Perlu diketahui, pada tanggal 13 November 2020, pukul 12.10 Wit, korban bersama 2 orang temannya melakukan perjalanan dari Desa Kawasi, menuju Desa Galala dengan menggunakan long boat. Pada pukul 12.40 Wit, saat minum air di dalam long boat, tiba-tiba korban terjatuh. Melihat kejadian tersebut, long boat yang sedang melaju kencang berputar kembali ke arah korban. Kedua orang teman korban berusaha menyelamatkan korban, namun korban sudah tenggelam.

Kedua orang tersebut langsung melakukan pencarian di sekitar LKP. Setelah kurang lebih 20 menit melakukan pencarian dan korban tidak ditemukan kedua orang teman korban kembali ke Desa Kawasi untuk meminta bantuan. Pukul 13.20 Wit, warga Desa Kawasi membantu melakukan pencarian dengan menggunakan 9 unit long boat dan 1 unit speed boat. Namun, hingga pukul 15.20 warga kembali ke Desa Kawasi dengan hasil nihil. Sehingga pihak keluarga melaporkan kejadian tersebut ke pihak Basarnas.

Setelah menerima laporan tersebut, pukul 07.10 Wit, satu tim rescue unit siaga SAR Bacan diberangkatkan menuju LKP untuk melakukan operasi pencarian. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *