Kesultanan Ternate Gelar Syukuran Sultan Baabullah Jadi Pahlawan Nasional

TERNATE, MALUTTODAY.com – Kesultanan Ternate melakukan syukuran dengan menggelar tahlilan bertempat di pendopo Kesultanan, Kelurahan Soa-Sio, Kota Ternate. Hal ini dilakukan sebagai wujud syukur dan apresiasinya ke Presiden Joko Widodo telah menganugerahkan Sultan Baabullah Datuk Sjah sebagai pahlawan nasional.

“Seluruh perangkat Kesultanan Ternate dan masyarakat menggelar syukuran atas penganugerahan Sultan Baabullah sebagai pahlawan nasional dan tanggal 14 November nantinya menerima perwakilan ahli waris dan Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman tiba dari Jakarta akan mendapat sambutan antusias dari perangkat Kesultanan Ternate dan masyarakat,” kata Kapita Lao Kesultanan Ternate, Ayhar Do Basir usai melaksanakan doa tahlilan di pendopo Kesultanan Ternate, Selasa (10/11/2020).

Bacaan Lainnya

Menurut Kapita Lao (Jendral Perang Laut), tahlilan dan syukuran ini merupakan keinginan dan niat luhur dari seluruh elemen.

“Yang perjuangkan agar Sultan Baabullah dianugerahi menjadi Pahlawan nasional, karena perjuangannya mengusir penjajah dari jazirah Moloku Kie Raha pada abad ke-16.” ujar Ayhar.

Ia berharap di masa depan seluruh elemen seperti LSM Karamat hingga pemerintah daerah yang telah menunjukkan keseriusannya untuk mengusulkan Sultan Baabullah Datuk Syah sebagai pahlawan nasional harus bersama-sama mengusulkan kembali Sultan Muhammad Djabir Syah sebagai pahlawan nasional. (DC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *