Dinkes Kota Ternate Pengadaan 5 Ambulance Mini untuk Wilayah Pulau Terluar

  • Whatsapp

TERNATE, MALUTTODAY.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate pengadaan 5 unit ambulance mini jenis sepeda motor roda 3. Kendaraan yang juga disebut puskesmas keliling (pusling) tersebut akan ditempatkan di 3 kecamatan, yaitu Batang Dua, Pulau Hiri dan Pulau Moti.

Kehadiran ambulance mini ini untuk membantu petugas dalam mempromosikan kesehatan kepada masyarakat ditingkat bawah.

Bacaan Lainnya

Kendaraan pusling ini dilengkapi dengan peralatan medis, seperti ventilasi dan peralatan saluran pernafasan alat pemantau jantung.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Nurbaiti Maradjabessy mengatakan, pada tahun 2020 ini, pihaknya telah pengadaan 5 unit kendaraan ambulance roda tiga, khusus untuk wilayah terluar pulau Ternate.

“Ambulance ini akan dibagikan di Pulau Hiri 1 unit, Pulau Moti 2 unit dan Batang Dua 2 unit. Meski wilayah tersebut telah memiliki ambulance, tetapi disana jalan tidak seperti di Ternate. Sehingga bisa mangakses jalan-jalan kecil,” kata Nurbaiti kepada wartawan, Senin, (9/11/2020).

Lanjut Nurbaiti, kegunaan ambulance ini untuk mempromosikan kesehatan kepada masyarakat. Bukan promosi satu program, tetapi semua program. “Sehingga semua petugas turun sampai masyarakat bisa mengerti masalah kesehatan yang dilakukan di setiap kelurahan,” ujar Nurbaiti.

Ambulance mini tersebut menurut Nurbaiti, belum diserahkan, karena masih terkendala kepemilikan surat-surat. Jika dalam waktu dekat administrasi teleh siap, maka akan langsung diserahkan ke pulau terluar Ternate.

“Jadi rencana tanggal 12 November hari kesehatan, namun sampai sekarang pihak kontraktor belum menyerahkan surat-suratnya. Kita ingin waktu hari kesehatan nasional sudah bisa diserahkan, tetapi belum ada suratnya maka diundurkan hingga puncak hari ulang tahun Kota Ternate, baru diserahkan,” jelasnya. (DC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *