Polisi Dinilai Gantung Kepastian Hukum Amin Drakel, Ko Ama: Jangan Tergesa-gesa Tetapkan Tersangka

Kuasa hukum sejumlah masyarakat di Halsel, Muhammad Conoras

TERNATE, MALUTTODAY.com – Praktisi Hukum, Muhammad Konoras meminta kepada Kepolisian Daerah Polda) Maluku Utara (Malut) untuk memberikan kepastian hukum kepada oknum anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Malut, Amin Drakel yang saat ini menyandang status sebagai tersangka.

Amin Drakel diduga terlibat dalam kasus dugaan tindak pidana pencemaran nama baik dan fitnah melalui Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Dan, saat ini kasus tersebut ditangani penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Malut.

Bacaan Lainnya

“Setiap orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka, memiliki hak untuk segera mungkin untuk dilimpahkan ke Kejaksaan dan ke pengadilan, tidak boleh di digantungkan kepastian hukum itu dan ini merugikan orang yang sudah menjadi tersangka,” jelas Ko Ama sapaan akrab Muhammad Konoras, Jumat (25/09/2020).

Ko Ama menambahkan, kalau seperti ini seharusnya pihak Polda Malut tidak tergesa-gesa untuk menetapkan seseorang sebagai tersangka, kalau akhirnya jadi seperti saat ini.

“Polisi jangan terlalu tergesa-gesa menetapkan tersangka. Jadi, kalau sudah ditetapkan tersangka, melalui proses peyelidikan dan penyidikan, kalau seperti ini tersangka dirugikan dari kepastian hukum,” ungkapnya.

Pengacara senior ini bilang, jika prosesnya tidak mencukupi buktinya, seharusnya dihentikan secara hukum.

“Kalau tidak cukup bukti, harus dihentikan dan jika sudah memenuhi dua alat bukti segera mungkin dilimpahkan ke Kejaksaan,” cetusnya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.