KPU Umumkan Dua Pasang Calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan

HALSEL, MALUTTODAY.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Selatan menggelar rapat pleno tertutup, penetapan pasangan calon bupati dan wakil Bupati, Rabu (23/9/2020), yang akan bertarung dalam pemilihan kepala daerah serentak di Halmahera Selatan pada 9 Desember mendatang.

Penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati tertuang dalam Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Halmahera Selatan dengan Nomor : 309/PL.02.3-Kpt/8204/KPU-Kab/IX/2020 tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan Tahun 2020.

Bacaan Lainnya

Dua pasangan yang dinyatakan lolos dalam Pilkada kali ini adalah Pasangan Usman Sidik-Hasan Ali Bassam Kasuba (Usman-Bassam) yang diusung 9 partai politik dengan jumlah 21 kursi di DPRD dan Helmi Umar Muksin-La Ode Arfan (Helmi-Ode) yang diusung 2 partai politik dengan jumlah 6 kursi DPRD.

Ketua KPU Kabupaten Halmahera Selatan, Darmin Hi Hasyim mengatakan, sesuai tahapan yang diatur dalam PKPU, maka hari KPU Halsel telah melaksanakan rapat pleno penetapan peserta pasangan calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada tahun 2020. Dan, hasil penetapan juga sudah disampaikan ke masing-masing Paslon.

“Jadi hari ini lewat rapat pleno tertutup kami (KPU) dan Bawaslu telah menetapkan pasangan calon dalam pemilihan kepala daerah serentak di Kabupaten Halmahera Selatan. Penetapan sudah kami umumkan ke masing masing paslon dan sudah diumumkan lewat website KPU Halsel,” ujar Darmin ditemui di ruang kerjanya.

Lanjut Darmin, Kamis (24/9/2020) besok, akan dilakukan pencabutan nomor urut yang rencananya gelar di Hotel Buana Lipu. Namun undangan dibatasi. Selain para calon, yang diundang juga hanya unsur Forkopimda.

“Sesuai instruksi KPU RI, tahapan pencabutan nomor urut harus menerapkan protokol kesehatan. Sehingga yang diundang terbatas,” kata Darmin.

Berdasarkan hasil keputusan KPU ini, maka pemilihan bupati dan wakil bupati di Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara untuk kali ini tanpa petahana. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *