Kandidat Ketua Umum MUI Kedepan Harus Mampu Meningkatkan Peran Shodiqul Hukumah

TERNATE, MALUTTODAY.com – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku Utara (Malut) Dr Samlan Hi. Ahmad meminta kepada kandidat ketua Umum MUI untuk mampu meningkatkan peran shodiqul hukumah atau mitra pemerintah.

Sebagai himayatul ummah, MUI telah melakukan langkah-langkah strategis dan konkret untuk melindungi umat Islam dari hal-hal yang buruk, seperti makan dan minuman yang haram, kebodohan dan kemiskinan, dan bahaya paparan paham radikal dan terorisme.

Bacaan Lainnya

Sebagai shodiqul hukumah, Samlan mengatakan, dirinya sudah menjalankan berbagai program kerja yang saling mengisi dan melengkapi dengan program pemerintah.

“MUI bekerjasama dengan berbagai kementerian dan lembaga pemerintah untuk membantu meringankan beban dan tanggung jawab pemerintah. Program tersebut, antara lain mencakup bidang keagamaan, dakwah, halal, kerukunan umat beragama, pendidikan, ekonomi dan keuangan syariah, kesehatan, kependudukan, hingga masalah penyalagunaan narkoba,” jelas Samlan, Kamis (10/09/2020).

Samlan menambahkan, hasil Rakernas V MUI mendorong seluruh elemen, khususnya pimpinan MUI diseluruh jenjang untuk kembali memperkokoh ukhuwwah islamiyah, ukhuwwah wathaniyyah dan ukhuwwah insaniyah, serta memperteguh posisi MUI sebagai khadimul ummah dan shodiqul hukumah.

“Sejak dibentuk pertama kali, MUI sudah menempatkan dirinya di tengah-tengah antara masyarakat dan pemerintah. Di masyarakat, MUI berlaku sebagai himayatul ummah atau pelindung umat dan bagi pemerintah, menjadi mitra atau shaqidul hukumah. Dua peran inilah untuk ditingkatkan dan dikuatkan demi persatuan umat (ukhuwah islamiyah) dan bangsa (ukhuwah wathaniyah),” paparnya.

Samlan juga bilang, untuk hasil Rakernas MUI ke-V ini mengamanahkan kepada dewan pimpinan agar menjadikan Munas 2020 sebagai momentum reposisi peran, khidmah, kebangkitan, dan transformasi MUI di era revolusi industri 4.0, dengan peran konstruktif Ketua Umum MUI sebagai lokomotifnya. Rakernas V MUI juga mengamanahkan penyiapan Munas dengan sebaik-baiknya.

“Hal ini penting dilakukan karena terjadi polarisasi di kalangan umat pasca-Pemilu 2019 akibat perbedaan ijtihad politik,” ucapnya.

Sementara Hasil Rakerna MUI ke-V, kata Samlan, mengamanatkan dan mengharapkan ketua umum ke depan dapat menjaga kesinambungan organisasi sekaligus menjaga tradisi alih kepemimpinan secara baik dan bijaksana bagi kelanjutan hubungan MUI dengan pemerintah, baik di pusat maupun di daerah.

“Sosok ketua umum MUI mendatang, merupakan isu yang sangat penting, strategis, dan akan menentukan arah bangsa ini ke depan. Setidaknya dalam ikut mengawal para pemimpin bangsa, MUI sebagai wadah berhimpunnya ulama, zuama dan cendekiawan muslim di Indonesia, menjadi tumpuan harapan. Ketua umum kedepan diharapkan terbebas dari kepentingan kelompok Islam yang berafiliasi kepada kelompok radikalisme, sehingga dapat memecah belah anak bangsa khususnya umat Islam seperti ISIS, HTI dan lainnya,” pintanya.

Kata Samlan, Munas ke-10 MUI akan menjadi momentum sangat strategis dalam mengawal NKRI, umat dan bangsa dengan memperkokoh moderasi beragama. Karena itu, perlu dipersiapkan evaluasi dan perumusan program yang visioner dan mengidentifikasi calon ketua umum yang memiliki kualifikasi keulamaan yang mumpuni dan istiqamah.

“Kandidat atau tokoh yang memiliki peluang besar menjadi ketum umum kedepan untuk meningkatkan peran MUI sebagai shodiqul hukumah adalah KH. Miftachul Ahyar saat ini menjabat Rais Aam PBNU dan kandidat lainnya, yang dipilih melalui formatur tersebut semacam Ahlul Wali Wal Afdi, yaitu menentukan tentang pertama siapa yang dipilih menjadi ketum, kemudian diberi kewenangan untuk menyusun dewan pimpinan harian,” tutupnya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *