Korem 152/Babullah Ternate Gelar Tradisi Masuk Satuan Baru di Makam Sultan Babullah

  • Whatsapp

TERNATE, MALUTTODAY.com – Korem 152/Babullah Ternate melaksanakan Tradisi penyambutan dan penerimaan warga baru.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Korem (Danrem) 152/Babullah Ternate Brigjen TNI Imam Sampurno Setiawan, yang dipusatkan di Makam Sultan Babullah Kelurahan Foramadiahi, Kecamatan Pulau Ternate, Sabtu (05/09/2020).

Bacaan Lainnya

Danrem 152/Babullah Ternate Brigjen TNI Imam Sampurno Setiawan, dalam sambutanya mengatakan, sehubungan dengan acara tradisi penerimaan warga baru, atas nama Komandan Korem 152/Bbl mengucapkan selamat datang.

“Saya ucapkan selamat datang kepada warga baru di jajaran Korem 152/Babullah dan sebagai warga baru perlu adanya penyesuaian diri baik dengan lingkungan, masyarakat dan pada khususnya tentang tugas serta tanggung jawab yang akan dilaksanakan di satuan kewilayahan yang sangat berbeda dengan tugas dan tanggung jawab yang saudara laksanakan saat berdinas di Satpur, Satbanpur maupun Satbanmin,” papar Imam.

Imam menambahkan, acara tradisi adalah suatu kegiatan yang perlu dilaksanakan oleh setiap satuan pada saat penerimaan maupun pelepasan anggota. Karena hal ini merupakan bagian dari pembinaan mental tentang tradisi dan kejuangan. Agar anggota yang baru masuk di Korem 152/Babullah Ternate dan jajarannya, sehingga diharapkan akan bekerja keras penuh kreatif dan inisiatif guna mendukung pencapaian tugas pokok, sebagai sasaran kelayakan memiliki rasa kebanggaan terhadap satuannya. Sekaligus dapat digunakan sebagai alat pengawasan melekat masing-masing anggota dalam melaksanakan tugasnya.

“Acara tradisi Korps masuk satuan Korem 152/Babullah Ternate merupakan tradisi yang lazim dilaksanakan dan mempunyai makna yang sangat penting bagi prajurit yang akan masuk satuan baru di jajaran Korem. Perlu diketahui bersama bahwa saat ini kita semua berada di area Makam Sultan Babullah yang merupakan Sultan Ternate ke 24, memiliki sejarah perjuangan mengusir bangsa Portugis dengan mengobarkan perang Soya-soya,” jelasnya.

Imam bilang, nama Babullah kemudian diadopsi menjadi nama satuan Korem 152/Babullah atas usulan sejarahwan almarhum Imam Nachrawy. Diharapkan dapat mewariskan semangat serta keberanian Sultan Babullah dalam menjaga kedaulatan NKRI di wilayah Maluku Utara.

“Prajurit yang baru masuk satuan jajaran Korem 152/Babullah Ternate telah melaksanakan tradisi satuan, yaitu dengan berjalan kaki menuju ke tempat Makam Sultan Babullah. Hal ini mengandung filosofi yang sangat mendalam yaitu perjuangan dan keteguhan hati,” tutupnya.

Sekedar diketahui, kegiatan tersebut dihadiri para pejabat jajaran Korem 152/Bbl, diantaranya Kasrem 152 /Bbl Kolonel Inf Wawan Subarjo, Kasi Intel Kolonel Inf Wahyu Yudhayana, Kasi Ops Kolonel Inf Andreas Nanang Dwi Prastowo, Kasi Pers Kolonel Arm Didik Harmono, Kasi Log Letkol Arm Yusuf Setiaji, Kasi Ter Letkol Arh Hendri Yudi Setiawan, Kasi Ren Letkol Arh Ahmad Sumarna, Dandim 1501/Tte Letkol Inf Moch Iskandarmanto, Dandim 1508/Tbl Letkol Inf I Putu Witharsana, Dandim 1510/Snn Letkol Inf Tri Yudianro, Para Kabalak Jajaran Korem 152/Bbl, serta para Perwira, Bintara, Tamtama jajaran Korem 152/Babullah. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *