Irjen Rikwanto Meletakan Batu Pertama Pembangunan Mako Brimob di Kawasan Industri Weda Bay

  • Whatsapp

TERNATE, MALUTTODAY.com – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Maluku Utara (Malut) Irjen (Pol) Rikwanto melakukan peletakan batu pertama pembangunan markas komando (Mako) Satuan Brigade Mobile (Sat Brimob) di Desa Lelilef, Sawai Kecamatan Weda Tengah, Kabupaten Halmahera Tengah (Hateng), Sabtu (5/9/2020).

“Kesepakatan bersama tanah ini dihibahkan ke Brimob Polda Malut,” jelas Rikwanto, Sabtu (05/09/2020).

Bacaan Lainnya

banner 1280960

banner 750449

Rikwanto menambahkan, pembangunan Mako Brimob ini mulai dari tanah hingga pembangunan Mako Brimob, dibantu dari PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (PT IWIP) dan Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng).

“Mulai dari tanah, hingga pembangunan (Mako Brimob) dibantu Pemda (Halteng) dan PT IWIP,” jelasnya.

Rikwanto bilang, pembangunan Mako Brimob di lokasi pertambangan untuk menjaga keamanan, di lingkungan PT IWIP dan lingkaran tambang lainnya, dari masalah-masalah yang kian muncul.

“Ini biar menjaga keamanan di lingkungan PT IWIP, juga di lingkar tambang, dari masalah yang kian muncul. Saya harap tidak ada masalah ya,” ucapnya.

Kata Rikwanto, dengan hadirnya Mako Brimob di kawasan pertambangan diharapkan tidak ada masalah dan membawa masalah, justru membawa kedamaian untuk semua masyarakat.

“Semoga membawa kedamaian untuk semua masyarakat,” ucapnya.

Tambah mantan Karo Penmas Divhumas Polri ini, Mako Brimob akan diisi sebanyak tiga peleton.

“Mako ini di isi tiga peleton, itu sebanyak 100 personel,” tutupnya.

Area pembangunan Mako Brimob ini terletak kurang lebih 7 kilometer dari lokasi pabrik smelter PT IWIP.

Turut hadir di upacara peletakan batu pertama tersebut Wakapolda Malut, PJU Polda Maluku Utara, Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Tengah, Pimpinan DPRD TK II Halmahera Tengah, Camat, Kepala Desa dan
Tokoh masyarakat setempat.

Dalam keterangan tertulis dari PT IWIP dikatakan juga, pembangunan Mako Brimob di kawasan Weda Bay merupakan realisasi dari arahan rapat koordinasi tingkat Kementerian yang diinisiasi oleh Kementrian Kabinet Indonesia Maju dengan Kepolisian Republik Indonesia. Bahwasanya, diperlukan pengamanan khusus bagi proyek prioritas nasional.

Kawasan Industri Weda Bay yang dikelola oleh PT IWIP merupakan salah satu dari 14 Kawasan Industri Prioritas Nasional RPJMN 2020-2024 yang diatur dalam Peraturan Presiden No 18 Tahun 2020 tentang Rencana
Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024. Adapun saat ini Kawasan Industri Weda Bay juga menjadi salah satu kandidat dari Objek Vital Nasional (Ovitnas) di sektor industri.

Perlu diketahui, Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) merupakan Kawasan Industri terpadu pengolahan logam berat yang terletak di Lelilef, Weda, Halmahera Tengah Maluku Utara yang didirikan pada 30 Agustus 2018 dan merupakan salah satu dari Proyek Prioritas Nasional RPJMN 2020-2024.

Sebagai pengelola Kawasan Industri, IWIP menyediakan infrastruktur penunjang seperti jalan akses, pelabuhan, airport, pembangkit listrik untuk memfasilitasi kegiatan pabrik Ferronickel Smelter para tenan, antara lain PT Weda Bay Nickel, PT Yashi Indonesia Investemt dan PT Youshan Indonesia. (PN/Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *