Speed Boat Rute Ternate-Ambon Tenggelam di Perairan Mandioli, 3 Selamat dan 1 Hilang

TERNATE, MALUTTODAY.com – Sebuah speed boat rute Ternate-Ambon berpenumpang 4 orang tenggelam di perairan antara Pulau Mandioli-Obilatu, Selasa (18/08/2020). Tiga orang dilaporkan selamat sementara satu orang lainnya masih dalam pencarian.

Ketiga orang yang selamat, yakni Ikram Marassabesi, Ibrahim Marassabesi dan Ismail Marassabesi. Sedangkan Asrul Marassabesi masih dalam pencarian.

Bacaan Lainnya

“Rabu 19 Agustus 2020 sekitar pukul 18.00 Wit, Pos Unit Siaga SAR Bacan menerima info dari Bapak Andri bahwa speed boat dari Ternate menuju Ambon tenggelam di perairan Pulau Mandioli, Kabupaten Halmahera Selatan,” kata Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah dalam keterangan tertulis yang diterima Maluttoday, Kamis (20/08/2020).

Arafah menceritakan kronologis kejadian bahwa pada 18 Agustus 2020 sekitar 05.00 Wit, empat orang berangkat dengan menggunakan satu unit speed boat dari Ternate menuju Ambon.

Kemudian, kata Arafah, pada hari yang sama sekitar pukul 14.00 Wit, speed boat tenggelam diantara perairan Pulau Mandioli-Obilatu. Keempat korban menyelamatkan diri dengan menggunakan jerigen dan terapung-apung.

“Salah seorang korban atas nama bapak Ikram (24 thn) memberanikan diri untuk berenang menuju ke daratan dan meninggalkan ketiga rekannya yang masih terapung-apung untuk mencari bantuan dan pada 19 Agustus 2020, pukul 16.00 Wit berhasil diselamatkan oleh nelayan sekitar di perairan Wayaua, Kabupaten Halmahera Selatan,” kata Arafah lagi.

Selanjutnya, korban langsung dibawa menuju Babang, Bacan dan segera menginfokan detail kejadian kepada personil Polair Babang yang sedang bertugas.

“ Pada 19 Agustus 2020, pukul 18.05 Wit, Kansar Ternate berkoordinasi dgn Unit Siaga SAR Bacan serta instansi berpotensi SAR di wilayah Kabupaten Halmahera Selatan. Koordinator Unit Siaga SAR Bacan beserta personil segera menuju ke Polres Kabupaten Halmahera Selatan untuk mengumpulkan info lebih detail dikarenakan 1 korban yang ditemukan selamat dibawa menuju ke Polres Kabupaten Halsel,” ujar Arafah.

Tambah Arafah,  pada 20 Agustus 2020, pukul 10.00 Wit, Tim Rescue Unit Siaga SAR Bacan kembali melakukan pencarian terhadap 1 orang korban speed boat tenggelam yang belum ditemukan, dengan menggunakan RIB 01 Bacan.

“Adapun area pencarian terfokus di pesisir perairan Desa Wayawua dengan luas area ± 157 Nm2, sekaligus memantau rumpon-rumpon yang berada disekitar perairan tersebut. Hingga hari ini operasi SAR  telah memasuki hari ke dua,” tandasnya. (gus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *