Unit Siaga SAR Morotai Ditargetkan Beroperasi Tahun Ini

MOROTAI, MALUTTODAY.com – Unit Siaga Tim Search and Rescue (SAR) Kabupaten Pulau Morotai ditargetkan beroperasi pada tahun ini. Sementara waktu, mereka akan menempati gedung yang disediakan Pemda Morotai.

“Rencana tahap awal ini, akan kami tempatkan sekitar 8 orang personil di Unit Siaga SAR Morotai, dilengkapi dengan alut pendukung peralatan SAR laut, peralatan SAR darat serta peralatan lainnya. Sehingga bisa memberikan pelayanan publik lebih maksimal bagi masyarakat, apabila suatu ketika wilayah Morotai dalam fase gawat darurat,” Kepala Basarnas Ternate M Arafah dalam rilis yang diterima Maluttoday, Senin (13/7/2020).

Terkait dengan rencana pembentukan Unit Siaga SAR ini, M. Arafah langsung melakukan tinjauan, sekaligus bersilaturahmi dengan Bupati Benny Laos.

M. Arafah langsung diterima oleh Bupati Kabupaten Pulau Morotai Benny Laos, di ruang kerjanya. Pada kesempatan tersebut, Arafah menyampaikan rencana pembentukan Unit Pos Siaga SAR di Morotai dalam waktu dekat.

“Dengan layanan publik jasa SAR di wilayah Kabupaten Pulau Morotai dapat berjalan baik, serta terintegrasi dengan semua stakeholder yang ada di lingkungan Pemkab Morotai,” harapnya.

Sementara itu, sambutan baik datang dari Bupati Pulau Morotai saat menerima kunjungan Kepala Basarnas Ternate dan staf mengatakan, Pemda Kabupaten Morotai siap membantu atau mensuport hal-hal apa saja yang menjadi kebutuhan SAR.

“Bahkan Bupati langsung menelpon salah satu pejabatnya untuk menyediakan gedung sementara buat personil Basarnas yang akan bertugas di Kabupaten Pulau Morotai,” kata Arafah lagi.

“Dengan adanya Basarnas di pulau Morotai tentunya dapat merespon secara cepat kejadian baik itu kondisi membahayakan jiwa manusia, bencana alam maupun musibah lainnya,” kata Benny.

“Apalagi sekarang kita sedang menghadapi musibah covid-19, kiranya personil Basarnas juga dapat membantu penanganan virus corona di Kabupaten Pulau Morotai ini,” tambahnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *