Imigrasi Tobelo Mencatat, Di Tengah Pendemi Covid-19 Ratusan TKA Kembali ke Negara Asal

  • Whatsapp

HALUT, MALUTTODAY.com – Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara (Halut) mencatat sepanjang wabah virus Corona (Covid-19) ratusan tenaga kerja asing (TKA) yang pulang ke negara asalnya mencapai ratusan.

Informasi yang dihimpun media ini, ratusan TKA asal China yang bekerja di PT IWIP Kabupaten Halmahera Tengah, sudah dua kali pulangkan ratusan TKA melalui penerbangan maskapai Lion Air di Bandara Sultan Babullah Ternate.

“Sudah sekitar 400 TKA yang sudah balik,” ungkap Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Tobelo Douglas Orlando Simamora kepada wartawan melalui jejaring sosial WhatsApp, Jumat (29/05/2020).

Douglas menambahkan, disaat pandemi Covid-19, tidak ada TKA yang masuk di wilayah kerja imigrasi Tobelo, seperti di Kabupaten Halut, Kabupaten Halteng, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) dan Kabupaten Pulau Morotai. “Tidak ada TKA yang masuk,” kata Douglas singkat.

Douglas bilang, saat ini TKA di wilayah kerja imigrasi Tobelo, Kabupaten Halut 23 orang, Kabupaten Halteng 1.769 orang, Kabupaten Haltim 13 orang, Kabupaten Pulau Morotai 5 orang.

“Jumlah TKA di 4 Kabupaten sebanyak 1.810 orang, didominasi TKA asal China,” jelasnya.

Terpisah, Direktur Departemen Media dan Publik PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP), Agnes Ide Megawati kepada wartawan melalui pesan WhatsApp mengatakan sudah dua kali penerbangan yang mengangkut ratusan TKA asal China yang dipulangkan dengan rute Ternate-Jakarta-China dan sudah melakukan rapid test.

“Info dari staf lapangan kami ada dua kali penerbangan (charter) yang waktu itu dan hari ini totalnya 310 TKA, mereka sudah diperiksa rapid test, oleh petugas KKP di Bandara Cekel, hasilnya Non-Reaktif,” jelasnya. (Shl).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *