Tim Saber Pungli Polda Malut, Dalami Surat Edaran Camat Galela Selatan

  • Whatsapp

TERNATE,MALUTTODAY.com – Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Polda Maluku Utara (Malut) mendalami surat permohonan bantuan dana yang dikeluarkan Camat Galela Selatan, Kabupaten Halmahera Utara (Halut) dengan tanggal yang dicantumkan pada Kamis (09/04/2020) lalu.

Dalam isi surat tersebut, yang ditandatangani Camat Galela menyebutkan dalam rangka mengantisipasi dan penanganan serta pencegahan virus Corona (Covid-19) pemerintah kecamatan berinisiatif membentuk Posko Relawan Covid-19, untuk mendeteksi mobil dan penumpang yang masuk dari luar daerah.

Pemerintah Kecamatan Galela Selatan mematok anggaran dengan rinci ke masing-masing per-tokoh atau pengusaha sebesar Rp 350.000.

Ketua Penegakan Hukum Saber Pungli Polda Malut Kombes Pol Alfis Suhaili kepada wartawan mengatakan pihaknya akan melakukan pendalaman dari surat yang sudah disebarkan.

“Kita dalami surat tersebut, apakah surat tersebut sudah ada pungutan, dan sudah berapa pengusaha yang sudah menyerahkan uang kepada Kantor Kecamatan,” tegas Alfis di Mapolda. Senin (18/05/2020).

Alfis menambahkan, dirinya akan berkoordinasi dengan Kepala Kepolisian Resort (Polres) Halut dan Kasat Reskrim, apakah kasus tersebut sudah di tangani atau belum.

“Saya akan koordinasi dengan Kapolres Halut, dan Kasat Reskrim,” katanya.

Alfis yang juga Direktur Ditreskrimsus bilang, jika dalam surat yang di sebarkan ada pihak yang merasa dibrugikan dan di temukan ada pelanggaran tetap diproses sesuai ketentuan yang berlaku.

“Jika ditemukan pelanggaran, kita tetap proses,” tegasnya.

Terpisah Camat Galela Selatan, Kadir Tutupoho ketika dikonfirmasi wartawan melalui handphone mengatakan surat tersebut memang benar dibuat, tetapi sejauh ini belum ada pengusaha yang berpartisipasi.

“Iya benar surat itu dibuat, tetapi belum ada pengusaha atau pemilik toko-toko yang ada di Galela Selatan yang berpartisipasi,” singkatnya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *