Sebar Berita Hoax, Tim Siber Polda Malut, Sasar Pemilik Akun Status Ternate

TERNATE, MALUTTODAY.com – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrinsus) Polda Maluku Utara (Malut) melalui Sub Direktorat Tindak Pidana Siber terus melakukan pemantauan di Media Sosial (Medsos).

Alhasil, satu akun di Medsos Facebook (FB) dengan nama Status Ternate menyebar berita tentang Virus Corona atau Covid-19 yang tidak sesuai dengan fakta yang terjadi di lokasi kejadian, dan membuat resah masyarakat.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Malut Kombes Pol Alfis melalui Kasubdit V Sub Direktorat Tindak Pidana Siber Polda Malut, Kompol H. Zainal Abidin kepada wartawan mengatakan kehadiran akan Status Ternate sangat meresahkan masyarakat di Malut, pada tim cyber crime Polda Malut melakukan pengecekan di dinding facebooknya itu dia menulis ada satu keluarga ada 4 orang terindikasi Virus Corona

“Informasi di lokasi, itu ada 4 warga yang reaktif berdasarkan hasil rapid test,” Ungkap H. Zainal kepada wartawan diruang kerjanya. Rabu (08/04/2020)

Zainal menambahkan pemilik akun Status Ternate tidak berada di Malut, anehnya ia bisa menghimpun berita tentang Virus Corona, ini sangat meresahkan.

“Pemilik akun Status Ternate, sekarang berada di Jakarta,” Jelasnya.

Jainal bilang dirinya akan menyampaikan kepada pimpinanya dalam bentuk Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) mengenai hal ini, untuk meminta petunjuk, untuk berkoordinasi dengan Polda Merto Jaya, karena posisi pemilik akun saat ini berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Saya akan sampaikan dulu ke Pak Dir, dalam bentuk LHP, untuk meminta petunjuk, untuk berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya,” Akunya.

Perwira bepangkat Kompol itu menegaskan tim Cyber Crime Polda Malut akan tetap melakukan penindakan karena hal ini sudah sangat meresahkan masyarakat.

“Kami akan tetap menindak pemilik akun tersebut,” Tegasnya sembari menyebutkan pihaknya akan mengproses pemilik akun Status Ternate sesuai undang-undang yang berlaku. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *