Manfaatkan DD, Desa Tuada Fokus Sektor Produktif dan Padat Karya

Sekretaris Desa Tuada, Nurmaya Sardin

JAILOLO, MALUTTODAY.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Tuada, Kecamatan Jailolo terus berupaya agar penyaluran Alokasi Dana Desa (ADD) Rp 294 juta dan Dana Desa (DD) tahun 2020 dengan pagu sebesar Rp 734 juta lebih, harus benar-benar efektif. Terutama, percepatan pengembangan ekonomi produktif dan memberikan manfaat nyata untuk pembangunan Desa.

“Kami tetap berupaya memberikan yang terbaik. Agar iplementasi dana desa kali ini tetap merujut pada program-program padat karya dan produktif, yang dapat memberikan kesempatan bagi warga,” ungkap Sekretaris Desa (Sekdes) Tuada, Nurmaya Sardin kepada Maluttoday, di ruang kerjanya, Rabu (19/2/2020).

Menurutnya, dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat lebih terfokus pada pembangunan dan perbaikan infrastruktur pedesaan. Walaupun begitu, juga akan diarahkan untuk sektor produktif, sesuai yang diharapan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Pemerintah Halmahera Barat. Untuk kesejahteraan dan pengembangan ekonomi desa Tuada.

“Kami tetap berupaya agar Desa lebih maju. Baik dari perbaikan bangunan pedesaan, juga fokus pada sektor produktif, seperti industri kecil dan mikro, budidaya perikanan dan desa wisata, sesuai harapan Pak Presiden dan Pak Bupati,” cetusnya.

Apalagi, lanjut Maya sapaannya, upaya menerapkan sistem Padat Karya Tunai (PKT) sudah sejak tahun 2018-2019, yang melibatkan seluruh masyarakat Desa Tuada secara langsung untuk melakukan kegiatan pembangunan. Baik itu, pembangunan jalan lingkungan, jalan evakuasi dan pembuatan lapanagan sepak bola.  

“Melalui program ini, tepat sasaran karena melibatkan masyarakat desa secara langsung. Dengan begitu, semua tergerak kembali menjaga budaya gotong royong, sehingga kebersamaan antar warga tetap terjaga,” imbuhnya. (ssd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *