Mutasi Polri, Brigjen Pol Rikwanto Jabat Kapolda Maluku Utara

Brigjen Pol Rikwanto

TERNATE, MALUTTODAY.com – Mutasi besar-besaran tengah dilakukan di lingkup Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terhadap 665 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen).

Terdapat delapan kepala kepolisian daerah (kapolda) yang dimutasi disejumlah Mapolda di Indonesia. Salah satunya Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Suroto, diangkat dalam jabatan baru sebagai Wadyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Bacaan Lainnya

Penggantinya adalah Brigjen Pol Rikwanto, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Kalimantan Tengah.

Mutasi Kapolda ini tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Jenderal Pol Idham Azis Nomor : ST/385/II/KEP./2020 tertanggal 3 Februari 2020 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkup Polri.

Sementara terdapat 3 Pamen di lingkup Polda Maluku Utara (Malut) Dir Intelkam, Dir Samapta dan Wadir Pamobvit Polda Malut.

Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/387/II/KEP./2020, Jabatan Dir Intelkam Polda Malut dijabat oleh Kombes Pol Hadi Wiyono menggantikan Kombes Pol Alfian Budianto, yang melaksanakan Pendidikan Lemhanas PPRA LX T.A. 2020.

Untuk Jabatan Dir Samapta Polda Maluku Utara dijabat oleh AKBP Sukron yang sebelumnya menjabat sebagai yang menjabat Kasubbagjarsistek Bag Tik Korlantas Polri, menggantikan Kombes Pol Iwan Sosilo yang kini menjabat sebagai Penyidik Tp Madya Tk.II Bareskrim Polri, yang tertuang dalam STR Kapolri Nomor : ST/386/II/KEP./2020.

Selain tiga Pejabat tersebut, AKBP Jan W. I. Makatitta yang sebelumnya menjabat sebagai Wadir Pamobvit Polda Maluku Utara diangkat dalam jabatan baru sebagai Agen Intelijen Kepolisian Madya Tk. III Baintelkam Polri

Kabidhumas Polda Malut AKBP Adip Rojikan, menambahkan bahwa, Kapolda Malut, yang baru Brigjen Pol Rikwanto merupakan mantan Kabidhumas Polda Metro Jaya (2015) dan Karo Penmas Divhumas Polri (2016) yang kini diberikan kepercayaan Pimpinan untuk memimpin Polda Malut.

“Di tahun 2015 Kapolda Malut yang baru ini pernah jadi Kabid Humas Polri, dan pernah juga jadi Karo Penmas Divhumas Polri tahun 2016,” jelasnya.

7 Kapolda Berganti

Selain Kapolda Maluku Utara, terdapat juga Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Didi Haryono yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri. Posisinya akan digantikan Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Utara.

Sementara itu untuk mengisi posisi Kapolda Sulut, Kapolri menunjuk Irjen Pol Royke Lumowa yang sebelumnya menjabat Kapolda Maluku.

Posisi Kapolda Maluku digantikan Brigjen Pol Baharudin Djafar yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Barat.

Brigjen Pol Eko Budi Sampurno yang sebelumnya menjabat Karojakstra Srena Polri ditunjuk sebagai Kapolda Sulbar.

Kemudian Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Posisinya digantikan Irjen Pol Firman Shantyabudi yang sebelumnya ditugaskan Polri sebagai PD PPATK.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio Septianda Djambak diangkat sebagai Kasespim Lemdiklat Polri. Posisinya digantikan oleh Brigjen Pol Wahyu Widada yang sebelumnya merupakan Kapolda Gorontalo. Lalu Brijen Pol Adnas ditunjuk sebagai Kapolda Gorontalo di mana dia sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Sulawesi Selatan. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *