Dikbud Halbar Sosialisasi POS US/UN

  • Whatsapp
Dikbud Halbar Gelar Sosialisasi POS US/UN (Foto: Ssd/Maluttoday)

JAILOLO, MALUTTODAY.com –Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Halmahera Barat menggelar sosialisasi Prosedur Operasional Standar (POS) ujian sekolah (US) dan ujian nasional (UN). Tingkat SD/SMP tahun pelajaran 2019/2020, berlangsung di Aula Bidadari lantai I kantor Bupati Halbar, Selasa (04/02/2020).

Ketua Panitia Marten Manuti mengatakan, Sosialisasi tersebut dilaksanakan berdasarkan peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) nomor: 0051/P/BSNP/XI/2019 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020, yang juga sebagai salah satu tugas dan tanggung jawab Panitia Ujian Nasional.

Bacaan Lainnya

Lanjut Marten, Kegiatan sosialisasi ini dengan tema ‘Budayakan Ujian Jujur dan Bermartabat’ itu melibatkan Kepala Sekolah (Kepsek) baik dari 174 Sekolah Dasar (SD) dan 64 Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini, dapat benar-benar bisa kembali ke sekolah mensosilaisasikan sosialisasi kepada Kelompok Kerja Guru (KKG) tingkat SD dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).

“Jadi kegiatan ini melibatkan seluru Kepsek tingkat SD dan SMP,” ungkap Marten Manuti, yang juga Sekertaris Dikbud Halbar kepada Maluttoday, Selasa tadi.

Dalam sambutan Bupati Halbar Danny Missy, yang diwakili Asisten II Setda Halbar Mascus Saleky, sekaligus mebuka acara sosialisasi ini, menghimbau dengan mewujudkan  mutu pendidikan berkualitas dimuali dari dengan pemantauan mutu. Maka perlu adanya penjaminan mutu guru yang ada di Halmahera Barat. Guru dituntut untuk terus berinovasi dalam mentrasfer setiap bidang ilmu kepada para siswa. Dengan harapan hasilnya siswa mampuh menguasai setiap pelajaran, serta berkompeten sebagai persiapan jenjang selanjutnya.

Olehnya itu, lanjut Mascus, tertanam harapan dari Pemkab Halbar dan para orang tua murid agar mempuh mencapai hal tersebut. Karena sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, mau tidak mau guru harus mampu melahirkan generasi-generasi bangsa berkompeten dan berprestasi.

“Atas nama Pemerintah Daerah, selain mengharapkan guru mampu menjamin mutu pendidikan melalui Ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional (UN). Apresiasi sebesar-besarnya diberikan sebagai bentuk perjuangan setiap guru di Halbar yang tak kenal lelah dalam mendidik putra-putri kita sebagai penerus bangsa ini,” pintanya.

Kadikbud Halbar Plemon Piuw

Sementara Kadikbud Halbar Plemon Piuw mengatakan, bagi seluruh peserta yang hadir untuk bersikap proaktif. Karena sosialisasi ini untuk menyamakan persepsi, hal itu dilakukan untuk mensukseskan pelaksanaan Ujian Sekolah/Ujian Nasional tingkat SD dan SMP di Kabupaten Halmahera Barat.

“Peserta sosialisasi agar mengikuti kegiatan ini dengan serius agar menyamakan persepsi dalam penyelenggaraan US/UN,” tandasnya. (ssd/pn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *