Bandara Sultan Babullah Ternate Perketat Pengawasan Masuknya Virus Corona

  • Whatsapp
Penumpang tiba di bandar udara Sultan Babullah Ternate, terlihat mengenakan masker. (Foto: Dickhy/Maluttoday)

TERNATE, MALUTTODAY.com – Bandar Udara Sultan Babullah Ternate, melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan udara melakukan antisipasi masuknya virus Corona atau Pneumonia Wuhan dengan melakukan pengawasan kepada penumpang yang datang, khususnya warga negara asing (WNA) dari negara China.

Setiap penumpang wajib mendapat pemeriksaan dari petugas dengan alat pendeteksi tubuh (termo scanner).

Muat Lebih

Koordinator Wilayah Kerja Kesehatan Pelabuhan Bandara Sultan Babullah Ternate Muhajir mengatakan, alat pendeteksi ini sudah terpasang sejak tahun lalu yang ditempatkan di pintu kedatangan penumpang.

Koordinator Wilker Kesehatan Pelabuhan Kelas III Ternate. (Foto: Dickhy/Maluttoday)

Muhajir juga bilang, pihaknya akan terus meningkatkan pengawasan.

Adapun termo scanner ini, kata Muhajir, fungsinya mendeteksi suhu tubuh. Sehingga suhu tubuh diatas normal akan terdeteksi. Suhu rata-rata penderita diatas 38 derajat.

Suhu tubuh tergantung masa inkubasi penyakit itu (corona) 7-14 hari, tetapi ini akan lebih cepat jika kondisi tubuh dalam keadaan drop.

Petugas melakukan pengawasan ketat terhadap semua penumpang yang tiba di Kota Ternate. (Foto: Dickhy/Maluttoday)

“Saat ini terpantau (penumpang) WNA China itu berkurang, mungkin karena masih suasana imlek. Jadi kita akan antisipasi setelah imlek. Kemungkinan kunjungan meningkat dari WNA. Kami akan terus meningkatkan pemantauan,” kata Koordinator Wilker Kesehatan Pelabuhan Kelas III Ternate, Muhajir saat ditemui di bandara Sultan Babullah Ternate, Senin (27/1/2020).

Termo Scanner atau alat pendeteksi panas yang terpasang di pintu kedatangan bandara Sultan Babullah Ternate. (Foto: Dickhy/Maluttoday)

Sejauh ini, berdasarkan amatan wartawan Maluttoday, sejak pagi pukul 6.30-12.00 Wit, di ruang kedatangan bandar udara Sultan Babullah Ternate, tak terlihat satu pun WNA asal China yang berdatangan. Sementara penumpang yang tiba di Kota Ternate, dari Jakarta dan Manado terlihat menggunakan masker.

Muhajir menambahkan, sejauh pengamatannya di bandara Sultan Babullah, belum ada penumpang yang terdeteksi suhu tubuhnya diatas normal. Meski demikian, pihaknya akan tetap siaga dan jika ditemukan penumpang yang positif mengidap virus corona, petugas akan segera mengambil tindakan dengan cara mengisolasi di ruang khusus.

Sejumlah petugas nampak siaga dan terus memantau setiap penumpang yang tiba di bandara Sultan Babullah Ternate. (Foto: Dickhy/Maluttoday)

Langkah selanjutnya, lanjut Muhajir, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait, jika adanya gejala suspect dan segera dilakukan rujukan.

“ Selama kita pantau yah, untuk orang belum ada yang terdeteksi suhunya diatas 38 derajat. Kami sudah menyiapakan, kalau pun terdapat atau ditemukan maka kita segera mengambil tindakan atau rujukan ke rumah sakit untuk pengobatan dan isolasi,” ujar Muhajir.

Upaya ini lakukan untuk mencegah masuknya virus corona yang saat ini mewabah Kota Wuhan, China. (dch)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *