Jelang Pilkada, Kapolri dan Panglima TNI Cek Kesiapan Personel di Morotai

Kapolri : Anggota Tidak Boleh liat Kiri dan Kanan, Harus Junjung Tinggi Netralitas

TERNATE, MALUTTODAY.com – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di beberapa Kabupaten dan Kota, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) dan Panglima TNI mengunjungi Maluku Utara (Malut) untuk mengecek kesiapan personel.

Kunjungan Kerja (Kunker) di kabupaten Pulau Morotai Provinsi Malut, Kapolri Jenderal Polisi. Idham Aziz dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, disambut langsung Kapolda Malut Brigjen Pol. Suroto, Beserta Forkopimda Provinsi Malut, di Bandara Pitu Morotai, Kamis (16/01/2020).

Tujuan Kunker kapolri dan panglima TNI di Pulau Morotai untuk mengecek kesiapan pengamanan di daerah perbatasan untuk menjaga kedaulatan NKRI serta, Pilkada serentak 2020 berjalan aman, dan lancar serta Netralitas anggota TNI dan Polri dalam Pilkada 2020.

Kapolri Jenderal Polisi. Idham Aziz dalam sambutanya menyampaikan ucapan terimakasih atas dedikasi dan loyalitasnya serta sinergitas yang telah di tampilkan oleh XVI/Pattimura, Polda Maluku dan Polda Malut, serta dalam pelaksanaan Pilkada Polda Malut diharapkan mempersiapkan pengamanan yang benar-benar siap dan rencanakan dengan baik karena perencanaan yang baik akan menghasilkan hasil yang baik. dan tidak berpihak kepada salah satu kandidat.

“Saya minta kalian tidak boleh ke kiri atau kanan, kalian junjung tinggi netralitas, saya juga tidak mau mendengar jajaran Malut, pada saat Pilkada ada anggota polri yang tidak netral dalam pelaksanaan pengamanan,” tegas Jendral Polisi Idham Aziz dalam sambutanya.

Idham juga menghimbau agar Personel Polri menyadari, karena kehadiran TNI-Polri mampu mengawal pelaksanaan pemilu dengan aman dan tertib.

“Kalian harus menyadari, kehadiran TNI-Polri, mampu membuat Pilkada dengan aman,” ungkapnya sembari menyebutkan, ini bukan tentang siapa yang hebat, ini tentang kebersamaan TNI-Polri yang tidak dapat dinilai dengan apapun.

Di kesempatan yang sama, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam sambutanya juga memberikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras kepada prajurit TNI Polri pada tahun 2019 sehingga Pilkada serentak dapat dilaksanakan dengan aman dan damai.

“TNI-Polri juga harus memberikan contoh yang namanya kebersamaan, TNI Polri netral, tidak ada politik praktis dan kita membantu pemerintah dan mensukseskan dan semuanya berhasil,” tegasnya.

Panglima Hadi mengaku dirinya datang ke Kabupaten pulau Morotai, ingin mendengar secara langsung paparan SDA yang berhimpitan dengan wilayah philipina dan itu secara khusus baik TNI Polri karena ancaman dari utara pun ada,

“Ini harus menjadi perhatian kita, memang infrastruktur masih kekurangan di Maluku Utara namun kita masih memiliki upaya untuk bisa melaksanakan operasi itu dalam rangka mengamankan wilayah NKRI dan itu semua menjadi tanggung jawab kita” jelas Panglima TNI.

Panglima TNI bilang, ekploitasi baik di laut dan di darat harus bisa mengamankannya khususnya adalah Polri dan dibantu oleh TNI.

“Apabila kita bisa mengamankan tujuannya hanya satu yaitu untuk kesejahteraan seluruh rakyat indonesia,” tegasnya. (Shl)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *