Bupati Halbar Dinilai Lawan Perintah Presiden

  • Whatsapp
Foto: Usai RDP Apdesi Halbar dengan Komisi I DPRD Halbar, Senin (13/1/2020)

JAILOLO, MALUTTODAY.com – Bupati Halmahera Barat Danny Missy dinilai telah membohongi Pemrintah Desa (Pemdes) dan bahkan melawan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas Peraturan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 11 tahun 2019 tentang perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah (PP) nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Apdesi menilai Bupati Seperti itu. Karena sebelumnya, rapat antara Apdesi dengan Bupati Danny, yang digelar pada Senin (9/12/2019) kemarin. Bupati berjanji untuk penambahkan Anggaran Rp 6 miliar sesuai perintah PP nomor 11, tapi ternyata direalisasi hanya Rp 1 miliar. Dengan begitu, Alokasi Dana Desa (ADD) dari tahun 2019 Rp 52 miliar lebih dan tahun 2020 hanya naik menjadi Rp 53 miliar lebih yang sudah tertera dalam dokumen APBD 2020.

“Pak Bupati telah membohongi kami, karena rapat sebelumnya Bupati Danny menyatakan sudah tidak perlu dibahas. Sebab, sudah kelir dan wajib dianggarkan, tapi ternyata realisasinya tidak sesuai yang diharapkan, bahkan Bupati telah melawan Presiden Jokowi atas PP nomor 11 tersebut,” ungkap Ketua Apdesi Halbar Rustam Fabanyo kepada Maluttoday, usai RDP Apdesi bersama komisi I DPRD Halbar, Senin (13/1/2020).

Menurutnya, Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) dengan Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Halmahera Barat, Senin tadi adalah sebagai bentuk kekecewaan dari hasil rapat bersama dengan Bupati Danny kemarin.

Rustam menambahkan, dalam PP nomor 11 sudah jelas untuk menetapkan penghasilan tetap (Siltap) Pemerintah Desa (Pemdes), yang setara dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan IIA. Tetapi sayangnya diabaikan oleh Pemda. “Jadi ini bukan keinginan kami tapi perintah PP nomor 11,” tandasnya.

Terpisah Kadis Diskominfo Halbar Chuzaemah Djauhar, saat dikonfirmasi via WhatsApp, belum ada balasan hingga berita ini naik tayang. (ssd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *