Harga Barito Naik di Pasar Jailolo

Bawang Rica Tomat di Pasar Jailolo (Foto: Ian/Maluttoday)

JAILOLO, MALUTTODAY.com – Harga komoditas seperti Bawang Rica/cabai dan Tomat (Barito) di pasar Jailolo mengalami kenaikan. Hal itu berdasarkan pantauan Maluttoday, Kamis (9/1/2020).

Untuk diketahui, sebelumnya harga bawang putih dan bawang merah dari kisaran Rp 35 ribu hingga Rp 40 ribu per kilogram. Namun, pada pekan ini naik menjadi Rp 50 ribu per kilogram. Sedangkan untuk rica/cabai dari harga Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu per kilogram naik menjadi Rp 45 ribu perkilogram. Bukan hanya itu, hal serupa juga terjadi pada tomat yang sebelumnya Rp 15 ribu naik menjadi Rp 25 ribu per kilogram.

Norma, pedagangan Barito mengaku, harga bawang, rica dan tomat setiap pekan selalu mengalami naik maupun turun, karena itu sudah menjadi hal biasa. Apalagi kenaikan ini terjadi disebabkan ketersedian stok mulai menipis, bahkan pasokannya selain diambil dari Trans Goal, juga didatangkan dari luar daerah seperti Manado.

Hal senada juga disampaikan Yadi, kenaikan komuditas ini karena kekurang stok dan kualitasnya baik, tapi jika banyaknya stok maka otomastis harga menurun dan juga tergantung standar harga yang ditetapkan oleh pemasok. Selain itu, setiap stok yang diambilnya dari Manado sebanyak 6-7 peti, dari harga yang bervariasi mulai dari Rp 600 ribu sampai Rp 700 ribu. (π)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *