Koordinator PKH : Kadinsos Halbar Tak Punya Etika

  • Whatsapp
Koordinator PKH Kabupaten, Ayub Sani Ibrahim

JAILOLO, MALUTTODAY.com – Koordinator Kabupaten PKH Ayub Sani Ibrahim menilai Kepala Dinas Sosial Halmahera Barat Samsuri Majid tidak ber etika karena mengeluarkan kata makian. Untuk itu, harus menjadi bahan evaluasi Bupati Halbar Danny Missy.

“Masa Seorang Kadis mengeluarkan kata-kata kotor seperti itu, ini sangat memalukan maka menjadi bahan evaluasi pak Bupati,” kata Ayup kepada Maluttoday, Jumat (27/12/2019).

Menurutnya, Kadis Sosial kurang memahami dan tidak membaca regulasi. Sehingga cara pikirnya sangat dangkal. Sebab, telah diatur dalam Permensos nomor 1 tahun 2018 tentang pasal 57 bahwa sumber pendanaan bersumber dari APBN dan APBD.

“Pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten kota berperan dalam dukungan PKH secara langsung melalui alokasi dana dampingan (sharing)  APBD. Penyediaan alokasi data penyertaan PKH melalui APBD I dan II minimal sebesar 5% di hitung dari total bantuan yang diterimah KPM PKH baik di Provinsi maupun di Kabupaten Kota,” cetusnya.

Terkait kendaraan roda dua yang disebutkan oleh Kadinsos tidak benar karena, lanjut Ayub, diberikan hanya satu unit pada tahun 2012 dimasa Kadinsos Moh. Duwila, dan disediakan Sekretariat sejak tahun 2011 setelah program PKH masuk semasa Bupati Namto H. Roba. Karena itu sudah dijelaskan dalam Permensos terkait shering anggaran.

Supaya Kadinsos Samsuri Majid sadar bahwa fasilitas yang ada dalam secretariat itu pengadaan dari Kemsos. Diantaranya, 4 unit computer, AC, Server.

Untuk diketahui, dukungan Pemkab Halbar terhadap program prioritas Pemerintah Pusat PKH tahun 2011-2016 operasional lancer dan bahkan setiap tahun ada Rapat Koordinasi (Rakor) daerah. Tetapi mulai sejak tahun 2018 operasional cair hanya Rp 100 juta lebih dan tahun 2019 belum ada pencairan.

“Jadi Pak Kadis jangan berkomentar yang tidak sesuai dengan kenyataan yang ada,” tandasnya. (π)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *