oleh

Tongkang Bocor Pengrusak Terumbu Karang Dikecam KNPI Malut

TERNATE, MALUTTODAY.com – Kapal tongkang bermuatan pasir mengalami kebocoran dan ditarik ke teluk di Kelurahan Cobo, Kota Tidore Kepulauan sejak Jumat (4/10/) lalu. Parahnya, teluk tersebut dikenal memiliki terumbu karang yang bagus dan berdekatan dengan keramba budidaya ikan kerapu.

Hal ini mendapat kecaman keras dari Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI Provinsi Maluku Utara, Bidang Perikanan, Ibnu W Laitupa.

“Sangat disayangkan adanya pihak yang entah sengaja atau tidak sengaja tanpa pertimbangan dampak lingkungan melabuhkan kapal yang hampir tenggelam. Yang membahayakan adalah Kapal tongkang tersebut memuat pasir dengan jumlah besar, jika pada akhirnya kapal yang sedang bocor itu menumpahkan pasir pasti langsung merusak terumbu karang maupun keramba jaring apung budidaya ikan kerapu yang berada sangat dekat disitu,” katanya.

Ibnu menyebutkan, terumbu karang membutuhkan waktu ratusan tahun untuk kembali pada kondisi semula apabila rusak. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Tidore Kepulauan, untuk mencari tahu informasi perusahaan apa yangg bertanggungjawab atas kejadian ini, namun DKP Tidore sendiri juga belum mendapatkan informasi.

“KNPI Malut pagi ini sudah langsung berkoordinasi dengan KSOP Ternate utk upaya pemindahan kapal tersebut, karena perkara ini masih dalam wewenang KSOP Ternate. Walaupun belum ada tanggapan karena saat ini kepala KSOP sedang rapat,” ungkapnya.

KNPI sendiri menurutnya, sangat mengecam kejadian ini dan akan melakukan upaya hukum jika pihak perusahaan tidak segera memindahkan kapal tongkang tersebut.

“Jika dalam waktu dekat kapal tersebut tdik kunjung dipindahkan, kami berkomitmen akan melakukan langkah-langkah yang lebih tegas lagi. Ini terkait perlindungan laut kita. Terumbu karang adalah penentu sehat tidaknya lingkungan laut dan habitat ikan,” tegasnya. (*)

Komentar

+Indeks