oleh

Kadis PMD Halut Tegaskan Tindak Panitia Pilkades yang Terbukti Bersalah

HALUT, MALUTTODAY.com – Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Halmahera Utara (Halut), Nyoter Koenoe tegaskan tidak segan-segan memproses panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) jika terbukti melakukan tindak pidana.

Menurutnya, usai seluruh masyarakat memasukan laporan keberatan, panitia kabupaten yang melakukan rapat untuk membahas laporan yang masuk, dan langsung ditindaklanjuti karena di dalam panitia kabupaten terdapat Kejaksaan Negeri (Kejari) Halut, Polres Halut, Kodim 1508.

“Jika hasil rapat kami temukan ada pelanggaran tindak pidana yang di lakukan panitia Pilkades, kami tidak pandang bulu, kami proses, karena ini jelas tindak pidana,” tegas Nyoter kepada wartawan, Sabtu (05/10/2019).

Nyoter menambahkan, sejak dibentuk Panitia Pilkades pihaknya sudah menegaskan ke seluruh panitia pilkades untuk netral, tidak memihak kepada Calon Kepala Desa (Cakades) siapapun itu.

“Dari awal kami sudah ingatkan, panitia harus netral, begitu juga soal DPT,” tegasnya lagi.

Dirinya mengaku, ada laporan yang masuk soal hasil perhitungan Surat Surat (SS) secara keseluruhan di desa Gorua Selatan tidak sesuai dengan daftar hadir yang ditandatangani oleh masyarakat yang mencoblos.

“Kami disini punya data, kita punya DPT berapa, nanti kami cocokan, nanti di lapangan (desa) kami bakal hadirkan saksi-saksi,” pungkasnya. (iya)

Komentar

+Indeks