BKKBN Malut Gelar Workshop Persiapan Kehidupan Berkeluarga

Panitia pelaksana workshop saat memberikan pengarahan

TERNATE, MALUTTODAY.com –  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Maluku Utara, menggelar workshop Penyiapan Perencanaan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja Putri sebagai Calon Ibu, bagi pengelola Genre dan Kelompok Bina Keluarga Remaja yang berlangsung di Grand dafam hotel Ternate, yang berlangsung selama 3 hari, sejak 21 hingga 23 April 2019.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara, Putut Riyanto dalam sambutannya menyebutkan, remaja merupakan individu calon penduduk yang  pada saatnya kelak akan menjadi pelaku pembangunan, sehingga harus disiapkan agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

“Kesiapan berkeluarga merupakan salah satu kunci terbangunnya ketahanan keluarga dan keluarga berkualitas,” ungkapnya.

Menurutnya, apabila gagal membina remaja, bukan hanya menjadi ancaman kegagalan pembangunan karena gagal menyiapkan aktor-aktor pembangunan, tetapi juga ancaman kegagalan kualitas generasi berikutnya, karena gagal menyiapkan calon-calon orang tua.

Kepala Perwakilan BKKBN Malut, Putut Riyatno (Batik biru) bersama jajaran dan peserta workshop

Sementara itu, ketua panitia workshop, Djana Eko Prayitno menybuktan tujuan pelaksanaan kegiatan ini membina para fasilitator Bina Keluarga Remaja (BKR) dan pengelolaan PIK Remaja di Kabupaten Kota  untuk kemudian memberikan pemahaman-pemahaman kepada lingkup kerja masing-masing.

“Mereka diundang dari Kabupaten Kota ini adalah pembina dari PIK remaja atau kelompok BKR untuk bagaimana mereka berfungsi sebagai fasilitator  untuk memberikan pemahaman dan membentuk generasi emas di masa yang akan datang,” ujarnya.

Dia menyebutkan, perencanan perlu dilakukan sebelum menikah karena jika tidak ada rencana kedepan makan akan berpotensi menjadi bencana, sehingga remaja mesti memiliki persiapan yang matang.

“Jadi untuk remaja remaja putri itu bagaimana kita menyiapkan mereka untuk menjadi sorang ibu, jadi disini kita mencoba membentuk generasi yang terencana sehingga terhindar dari masalah-masalah yang mengin terjadi,” lanjut Djana Eko Prayitno yang juga selaku Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKN Provinsi Maluku Utara ini.

Menurutnya, yang menjadi fasilitator dalam kegiatan ini adalah para remaja yang tergabung dalam forum Genre Malut, yang telah mendapatkan pembinaan dari pusat untuk menjadi fasilitator dalam menyampaikan pengetahuan yang diperoleh.

Kepala Sub Bidang Bina Ketahanan Remaja Perwakilan BKKBN Provinsi Malut, Ulfa Magfirah

Hal ini juga ditambahkan juga oleh Ulfa Magfirah selaku Kepala Sub Bidang Bina Ketahanan Remaja Perwakilan BKKBN Provinsi Malut, menurutnya dalam  kegiatan ini ada dua poin besar yang dibahas yakni kesehatan remaja dan perencaanan keluarga.

“Ditujukan untuk mendekatkan lagi materi materi yang nantinya dilapangan bisa digunakan kepada para remaja atau keluarga yang ada anak remaja bagaimana persiapan-persiapan sebelum berkeluarga atau menikah,” jelasnya. (*/pn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *