oleh

Bawaslu Halteng Gelar Apel Patroli Pengawasan Pemilu

WEDA, MALUTTODAY.com – Bawaslu Kabupaten Halmahera Tengah malaksanakan apel patroli pengawasan anti politik uang pada masa tenang pemilihan umum tahun 2019, di depan kantor Bawaslu Halteng, Desa Were Kecamatan Weda, Sabtu (13/4/2019) pukul 16.35 WIT sore tadi.

Ketua Bawaslu RI, Abhan yang dibacakan oleh Koordiv Pengawasan, Husnul Husen sebagai Pembina apel mengatakan, pemilihan umum adalah perayaan demokrasi yang patut dirayakan dengan penuh sukacita, damai, dan rasa kebanggaan sebagai sebuah bangsa yang beradab.

Menuruttnya, pemilu kali ini merupakan pengalaman baru karena untuk pertama kalinya dalam sejarah kepemiluan di Indonesia, Anggota Dewan Perwakian Rakyat, Anggota Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah akan dipilih secara serentak.

“Aspek keserentakan dan pemilu kali ini, menjadi ujian besar bagi Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu yang telah 11 tahun mendedikasikan dirinya menjaga hak pilih rakyat,” ungkapnya.

Ia menambahakan maka selama berlangsungya tahapan pemilu tahun 2019 yang dimulai sejak 17 Agustus Tahun 2017, kita telah melakukan berbagai upaya serius guna mengakselerasi kesiapan dan kematangan seluruh jajaran dalam menghadapi setiap tahapan pemilu, termasuk menyiapkan penyelenggaraan pengawasan masa tenang.

“Oleh karena itu, sejumlah jajaran pengawas pemilu bersama-sama dengan masyarakat kita tolak dan Iawan politik uang. demi pemilu yang bersih, bersinegritas dan bermartabat. Pada keyakinan itulah melalui patroli masa tenang, kita tidak sekadar melakukan pengawasan tetapi sekaligus menjadikan momentum ini sebagai kesempatan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia,” ujarnya.

“Sebab pemilu bukanlah sekadar kontestasi politik dan sirkulasi elit,” jelasnya.

Gelar apel dan patroli jelang pemilu

Selain itu, atas nama Bawaslu Republik Indonesia, saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Bawaslu di seluruh penjuru Nusantara.

“Atas kerja keras dan usaha yang sungguh-sungguh untuk menunaikan panggilan mulia sebagai pengawal demokrasi,” tambahnya.

Terkait potensi pelanggaran dan kerawanan, menjadi instrument handal bagi Panwaslu dalam memproyeksikan Iangkah-langkah antisipatif terhadap praktik politik uang. propaganda isu SARA, Berita tidak benar serta ujaran kebencian serta potensi-potensi pelanggaran lainnya.

Selaln ltu. Penting juga bagi person tim patroli agar mengenal dan memahami karaktenstik serta kecenderungan pelaku sosial kemasyarakan di wilayah patrolinya. Hal Inl agar Pengawas mampu, beradaptasi dengan terutama untuk melakukan penetrasi strategi pengawasan yang tepat tanpa menciderai tatanan dan nila nilai sosial kemasyarakatan yang ada.

“Kepada seluruh person tim patroli agar menghindari sikap-sikap arogansi saat menjalankan patron pengawasan,” tandasnya.

Dalam amatan media ini usai apel dilanjutkan dengan Patroli gabungan mengililingi Kota Weda menggunakan kendaraan beroda empat dan beroda dua.

Turut hadir dalam apel tersebut, Kapolres Halteng, AKBP. Andri Hariyanto, Danramil 1505-02/Weda, Kapten Inf Andi. P, Anggota Bawaslu   Halteng, Koordiv Hukum, Munawar Wahid. (Ino/ADV)

Komentar

+Indeks