BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami Sulawesi Tengah

TERNATE, MALUTTODAY.com – Peringatan dini tsunami pasca-gempa berkekuatan 6,9 skala richer di Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah telah dicabut oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) pada Jumat (12/4/2019). Peringatan dini tsunami dicabut pada pukul 19.47 WIB dan dinyatakan berakhir.

Seperti yang disampaikan melalui akun Twitter resmi, @InfoBMKG. “#Peringatan dini TSUNAMI yang disebabkan oleh gempa mag:6.9, tanggal: 12-Apr-19 18:40:49 WIB, dinyatakan telah berakhir#BMKG,” tulis BMKG dalam akun Twitter @InfoBMKG.

“Setelah dilakukan monitoring terhadap muka air laut melalui pengamatan Tide Gauge di lokasi Kendari (Sulawesi Tengggara) dan Taliabu (Maluku Utara), berdasarkan pengecekan kondisi lapangan BMKG dan BPBD peringatan dinyatakan berakhir,” ujar Dwikorita di kantor BMKG, Jakarta Pusat, Jumat (12/4/2019) dikutip dari Okezone.

Berdasarkan rilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana, gempa dengan magnitudo 6,9 itu terjadi pukul 18.40 WIB. Gempa terjadi di garis lintang 1.90 LS dan garis bujur 122.54 BT pada kedalaman 10 km. Menurut BNPB, daerah yang berpotensi terjadi tsunami adalah Kecamatan Toili. Karena itu, masyarakat diminta untuk mengungsi. selain itu, gempa terasa kuat di Kota Palu, Luwu Timur, dan Morowali di Sulawesi Tengah. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *