oleh

Waduh, Kartunis Jepang Sindir Kotak Suara Milik KPU RI

JAKARTA – Kotak suara berbahan dari kardus yang akan digunakan pada Pemilu 2019,tidak hanya menjadi kontroversi di dalam negeri. Seorang Kartunis Jepang juga menyindir kotak suara ini di blog pribadinya onanhiroshi.com. Bahkan, ia membandingkan dengan kotak suara buatan Korea dan Jepang.

Foto: Karikatur kotak suara milik negara Korea. (onanhiroshi.com)

Dalam karikatur pertamanya Hiroshi menampilkan bagaimana bentuk kotak suara yang ada di Korea Selatan. Pada gambar itu, benda itu tampak kuat dan kokok. Bahkan, ia menyertakan sebuah tang (alat tangan) untuk membukanya.

Foto: Karikatur kotak suara milik negara Jepang. (onanhiroshi.com)

Gambar kedua memperlihatkan kotak suara dalam pemilu di Jepang yang kokoh dan kuat terbuat dari baja dan dilengkapi dua kunci gembok.

Foto: Karikatur kotak suara milik KPU RI. (onanhiroshi.com)

Dan, untuk gambar ketiga, Hiroshi menampilkan bagaimana kotak suara yang digunakan di Indonesia. Ya seperti diketahui, kotak suara di Pemilu 2019 menggunakan karton atau kardus. 

Tampak gambar kotak suara berbahan kardus berlogo KPU. Kemudian, disebelahnya terdapat karton yang belum dibentuk, lengkap dengan gunting dan perekat. Pada bagian bawah gambar, terlihat karikatur anak-anak menunjuk kotak suara milik Indonesia dengan aksen tertawa dan menyindir. 

Foto: Karikatur anak SD membuat karya seni kotak suara. (onanhiroshi.com)

Pada postingan selanjutnya, menampilkan anak-anak SD itu mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Ketiga anak SD (seragam putih-merah) membawa kertas, 3 gunting dan 2 botol lem (perekat kertas).

Kemudian, anak-anak tersebut mulai membuat sebuah sebuah karya seni dari kertas atau di Jepang dikenal dengan keterampilan dalam melipat kertas atau Origami.

Mereka mulai bekerja membuat kotak kubus mirip kotak suara KPU. 

Gambar terakhir ini menunjukkan kotak kubus sudah jadi. “Even Children Can Make?,” tulis Hiroshi Onan. (*)

Komentar

+Indeks